10 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Sering Kita Lakukan

kesalahan dekorasi kamar tidur

Kamar tidur merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Selain menjadi tempat istirahat, kamar tidur merupakan wilayah pribadi tempat seseorang melakukan hal-hal yang mereka sukai. Karena itulah, memiliki sebuah kamar tidur yang nyaman merupakan impian bagi semua orang.

Sebagai salah satu ruangan favorit, dekorasi dan peletakan furnitur pada kamar tidur harus benar-benar diperhatikan. Pilih furnitur dan dekorasi yang tepat dan sesuai dengan ukuran kamar tidur Anda. Kesalahan dekorasi kamar tidur akan membuat kamar yang seharusnya nyaman menjadi tempat yang tidak menyenangkan.

Agar kamar tidur terasa nyaman, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika menata ruangan tersebut. Berikut adalah 10 kesalahan dekorasi kamar tidur yang sadar atau tidak sering kali dilakukan:

1. Memilih ranjang yang tidak sesuai

Memiliki ranjang yang besar memang nyaman dan menyenangkan, tapi jika kamar tidur Anda berukuran kecil, pikirkan lagi apakah Anda benar-benar membutuhkan ranjang besar. Pilih ranjang yang ukurannya sesuai dengan ukuran kamar tidur.

Agar tetap merasa nyaman saat beristirahat, gunakan kasur atau matras yang tebal. Jadi meskipun ranjang yang diletakkan di kamar tidur berukuran kecil, Anda tetap dapat tidur dengan nyenyak. Selain ukuran, bentuk ranjang juga harus dipertimbangkan.

Sering kali kita hanya mengikuti selera ketika memilih sebuah tempat tidur. Padahal kita harus menyesuaikan bentuk dan desain ranjang dengan konsep dekorasi kamar tidur. Jangan gunakan ranjang klasik dengan kelambu jika ruangan Anda memiliki konsep minimalis.

Ranjang dengan kelambu memang terlihat mewah dan elegan. Tetapi ranjang tersebut akan tampak aneh jika perabotan di sekitarnya memiliki desain yang jauh lebih sederhana. Selain itu, hindari memilih ranjang yang menempel langsung dengan lantai.

Pilihlah ranjang yang memiliki kaki dan ruangan di bawahnya. Ruangan pada ranjang berkaki akan memberi kita tempat untuk meletakkan barang-barang dan juga mudah dibersihkan, sehingga kamar tidur tidak dipenuhi oleh benda yang belum tentu selalu kita gunakan.

2. Menggunakan cat dinding berwarna gelap

Sering kali kita memilih warna gelap untuk mewarnai dinding kamar tidur. Kita menganggap cat berwarna gelap akan membuat kamar terasa lebih sejuk dan nyaman. Padahal selain memberi kesan dingin dan tenang, cat dinding berwarna gelap juga menimbukan kesan sempit dan pengap.

Jika kita ingin merasa nyaman ketika beristirahat setelah seharian beraktivitas, pilihlah warna terang untuk cat dinding kamar tidur Anda. Gunakan cat berwarna krem, merah muda, ungu muda, atau hijau mint. Warna yang terang akan memberi kesan ceria, dan luas pada sebuah ruangan.

3. Memasukkan berbagai macam furnitur ke dalam kamar tidur

Kamar tidur memang merupakan tempat yang paling sering kita singgahi. Tapi bukan berarti kita bisa meletakkan segala macam furnitur di dalam kamar tidur. Maksimalkan fungsi kamar tidur sebagai tempat untuk beristirahat, bukan berolahraga apalagi bekerja.

Furnitur yang wajib ada di sebuah kamar tidur hanyalah tempat tidur dan lemari untuk menyimpan pakaian. Selain kedua furnitur tersebut, keluarkan saja semua barang-barang yang tidak terlalu kita butuhkan ke tempat lain yang lebih luas.

Semakin sedikit furnitur, semakin bagus pula sirkulasi udara yang beredar di kamar tidur. Sehingga tidur kita akan menjadi nyaman dan dinding kamar tidur tidak akan mudah lembap.

4. Tidak memasang cermin

Beberapa orangĀ  terutama laki-laki merasa tidak perlu memasang cermin di kamar tidur mereka. Para perempuan pun terkadang ada yang hanya memiliki cermin yang menempel pada meja rias. Padahal cermin yang dipasang pada dinding bisa menciptakan ilusi lapang pada sebuah ruangan.

Anda bisa memasang cermin panjang, lebar, atau tinggi pada kamar tidur anak. Gunakan cermin yang memiliki pinggiran sederhana tetapi manis dan cantik. Sehingga selain bisa memberi kesan luas pada sebuah ruangan, cermin juga berfungsi sebagai hiasan dinding yang elegan.

5. Tidak memasang hiasan dinding

Banyak orang mengira memasang hiasan dinding pada kamar hanya akan membuat kamar terasa penuh dan pengap. Padahal hiasan dinding seperti lukisan atau foto akan membuat kamar tidur Anda menjadi lebih cantik. Pasang satu lukisan besar dengan warna yang tegas.

Jika Anda ingin membawa kesan alami ke dalam kamar tidur, Anda bisa memasang sebuah lukisan panorama alam pedesaan atau pantai. Lukisan tersebut akan membuat kita nyaman saat beristirahat setelah seharian beraktivitas.

6. Memasang tirai panjang yang menjuntai ke lantai

Terkadang kita ingin memberi kesan mewah pada kamar tidur dengan memasang tirai yang panjang dan terbuat dari bahan yang berat dan tebal. Padahal tirai semacam itu malah akan memberi kesan sempit dan sumpek pada kamar tidur. Kita juga akan kesulitan saat membersihkan lantai jika tirai terlalu panjang.

Gunakan tirai dari bahan yang ringan tetapi memiliki motif yang cantik. Pasang tirai beberapa senti lebih tinggi dari lantai atau sesuaikan dengan tinggi jendela, agar kamar tidur terasa lebih luas.

7. Menggunakan banyak lampu hias

Maksimalkan pencahayaan kamar tidur dengan menggunakan satu sumber cahaya saja. Hindari meletakkan beberapa lampu seperti lampu gantung, lampu meja, dan lampu sudut. Terlalu banyak lampu hanya akan menghabiskan tempat dan tidak berfungsi secara maksimal.

Pasang satu lampu berwarna terang yang diletakkan di tengah langit-langit kamar tidur. Untuk lampu tidur, Anda dapat menggunakan satu lampu meja dengan cahaya yang temaram.

Baca: 16 Lampu Gantung Unik

8. Meletakkan barang secara horizontal bukan vertikal

Kesalahan dekorasi kamar tidur yang paling banyak dilakukan orang adalah dengan meletakkan furnitur atau barang secara horizontal bukan vertikal. Sehingga ruangan akan dipenuhi dengan berbagai macam barang yang belum tentu berfungsi dan digunakan pemilik kamar.

Maksimalkan penempatan barang dengan meletakkan barang-barang tersebut secara vertikal. Menggantung baju-baju kita di sebuah lemari yang tinggi akan lebih baik daripada melipat dan meletakkannya di beberapa lemari kabinet atau laci.

9. Meletakkan karpet besar dan tebal di tengah ruangan

Sebenarnya kita tidak terlalu membutuhkan karpet di kamar tidur. Keberadaan karpet hanya akan membuat debu-debu semakin betah. Sebisa mungkin hindari menggunakan karpet sebagai hiasan di lantai kamar. Jika Anda ingin menggunakan karpet, pilih sebuah karpet kecil berbentuk kotak atau bulat dan letakkan di tempat yang tepat.

10. Tidak memiliki jendela

Sebuah kamar tidur paling tidak harus memiliki sebuah jendela untuk sirkulasi udara agar ruangan tidak lembap. Sistem sirkulasi udara yang baik harus ada pada sebuah kamar tidur agar istirahat kita bisa maksimal dan nyaman. Tidur dengan asupan oksigen yang minim, akan membuat fungsi otak kita menurun dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Usahakan kamar tidur Anda memiliki jendela dan ventilasi udara. Meskipun jendela tersebut berukuran kecil, yang penting kamar tidur Anda tidak terasa pengap dan lembap.

Itulah beberapa kesalahan dekorasi kamar tidur yang sering dilakukan orang. Rajin-rajinlah membaca dan mencari informasi saat akan mendekorasi sebuah ruangan. Informasi yang tepat akan sangat membantu Anda menghindari berbagai hal yang dapat membuat kamar menjadi tidak nyaman. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *