10 Resolusi Tahun Baru untuk Rumah Nyaman dan Aman

dekorasi rumah resolusi tahun baru

Tidak terasa beberapa minggu lagi tahun 2016 akan berakhir. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat pergantian tahun kita pasti memiliki sederet resolusi yang ingin kita wujudkan di tahun yang baru. Ada yang ingin memiliki peningkatan karier, usahanya berkembang dan sukses, menikah, memiliki anak, atau membeli rumah baru.

Salah satu resolusi yang paling sering dilakukan seseorang adalah “pergantian suasana” dengan membuat rumah menjadi aman dan nyaman. Berikut adalah 10 resolusi tahun baru untuk rumah yang lebih aman dan nyaman. Anda dapat menjadikan resolusi di bawah ini sebagai panduan dekorasi dan renovasi rumah, sehingga Anda bisa memiliki rumah “baru” di tahun yang baru.

1. Mengganti semua lampu dengan lampu hemat energi

Belakangan kita pasti sering membaca berita tentang pemanasan global dan dampak negatifnya terhadap lingkungan. Salah satu penyebab pemanasan global adalah penggunaan listrik yang berlebihan. Apalagi jika rumah kita memiliki lampu hias dan menggunakan alat elektronik yang mengonsumsi banyak daya.

Agar di tahun yang baru kita bisa turut serta dalam mengurangi pemakaian listrik sebagai tindakan untuk mencegah pemanasan global, ganti semua lampu di rumah dengan lampu hemat energi. Kurangi juga pemakaian lampu hias dan alat elektronik yang tidak bermanfaat.

Tambah jumlah jendela di rumah, sehingga ruangan-ruangan bisa mendapat sinar alami dari cahaya matahari dan tidak begitu membutuhkan lampu saat siang hari.

2. Menyingkirkan barang-barang tidak berguna dari rumah

Tanpa disadari, kita sering sekali menyimpan barang-barang yang memiliki nilai sentimental sehingga kita tidak tega untuk membuang barang-barang tersebut. Padahal belum tentu barang yang kita simpan bermanfaat dan bisa saja sangat jarang kita gunakan.

Menyimpan barang-barang tidak berguna hanya akan membuat rumah yang seharusnya rapi dan bersih menjadi berantakan dan penuh dengan barang-barang rongsokan. Untuk resolusi tahun baru, singkirkan barang-barang tidak berguna tersebut dari rumah Anda.

Ajak keluarga untuk memilah dan memilih mana barang yang bisa disimpan dan mana yang tidak. Kita juga harus bersikap sedikit tegas pada diri sendiri, dan menilai apakah kita benar-benar membutuhkan barang tersebut sehingga kita tidak perlu menyingkirkannya.

Rumah yang rapi dan bersih akan membawa suasana baru di tahun yang baru. Selain itu, rumah juga akan terasa lebih nyaman karena tidak dipenuhi dengan barang-barang yang tidak bermanfaat.

3. Mengganti cat rumah dengan keramik

Kapan terakhir kali Anda mengganti cat rumah? Jika Anda tidak bisa memberikan jawaban, mungkin sudah saatnya Anda mengganti warna cat dinding rumah Anda. Cat pada dinding rumah, terutama bagian luar sering sekali mengalami pengelupasan.

Penyebabnya adalah karena dinding bagian luar sering terkena sinar matahari langsung dan air hujan. Agar dinding rumah terlihat cantik, ganti cat dinding luar rumah dengan keramik. Selain membuat rumah tampak lebih indah, perawatan keramik lebih mudah daripada cat.

Keramik juga dapat menjaga dinding dari kelembapan akibat air hujan. Sehingga meskipun sudah bertahun-tahun, dinding rumah akan tetap indah dan kokoh.

Baca: Tips Mudah Dalam Memilih Warna Cat Tembok

4. Memperbarui sistem keamanan di rumah

Apalah arti rumah besar dan indah jika sistem keamanannya lemah dan membuat penghuninya waswas. Di tahun yang baru nanti, Anda bisa memperbarui sistem keamanan di rumah. Lakukan pemeriksaan atau pengecekan pada tabung gas, kabel listrik, pipa saluran air, dan alarm jika Anda menggunakannya.

Pengecekan ini kita lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumah. Ganti peralatan yang sekiranya rusak atau sudah tua dengan yang lebih baru dan kuat. Pemeriksaan semacam ini tidak harus dilakukan saat tahun baru saja. Lakukan pemeriksaan berkala setiap bulan secara rutin.

5. Membuat taman atau kolam ikan sederhana

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki taman, untuk resolusi tahun baru, ada baiknya Anda menganggarkan pembuatan taman atau kolam ikan sederhana. Meskipun lahan yang kita miliki terbatas, kita bisa mencari referensi di internet tentang pembuatan taman dan kolam ikan minimalis.

Keberadaan taman akan menghadirkan suasana alam ke dalam rumah dan memberikan kenyamanan bagi para penghuninya.

6. Menambah atau membangun ruangan baru

Apakah Anda bosan dengan rumah yang sedang Anda tempati? Lakukan sedikit renovasi untuk membuat rumah lama Anda menjadi rumah “baru” lagi. Anda bisa menambah lantai rumah atau membangun sebuah ruangan baru. Dengan tempat yang lebih luas, Anda akan bisa lebih leluasa menjamu saudara atau tamu yang datang menginap.

7. Mendekorasi ulang kamar tidur atau ruang keluarga

Kamar tidur dan ruang keluarga merupakan bagian yang penting dalam sebuah rumah. Agar bisa beristirahat dengan nyaman kita membutuhkan kamar tidur yang nyaman pula. Lakukan penataan ulang pada kamar tidur Anda, sehingga Anda bisa beristirahat dengan lebih tenang di dalamnya.

Untuk ruang keluarga, lakukan dekorasi ulang agar ruang keluarga terasa lebih lapang dan mampu menampung semua anggota keluarga. Maksimalkan fungsi ruang keluarga dengan meletakkan barang-barang yang memang dibutuhkan pada ruangan tersebut.

Kamar tidur yang nyaman dan ruang keluarga yang luas  akan membuat para penghuninya semakin betah di rumah.

8. Membuat dapur yang ramah lingkungan dan sehat

Bagi manusia, makanan bisa menjadi sumber energi sekaligus penyakit. Di tahun yang baru, ciptakan dapur yang sehat dan ramah terhadap lingkungan di rumah Anda. Gunakan barang-barang nonplastik untuk perabot rumah tangga yang sering digunakan di dapur.

Singkirkan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa dan ganti dengan makanan organik yang sehat bagi tubuh dan baik bagi lingkungan. Ajak anggota keluarga untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dapur. Dapur yang bersih akan menghasilkan makanan yang sehat.

Untuk mencegah pemanasan global, usahakan untuk tidak menggunakan lemari pendingin yang masih memakai freon. Pastikan juga sistem sirkulasi udara di dapur berfungsi dengan baik, sehingga dapur tidak lembap dan asap masakan tidak terjebak di dalam ruangan.

9. Memulai gerakan hemat energi

Selain mengganti lampu dan menghindari penggunaan lemari pendingin ber-freon, ajak keluarga untuk memulai gerakan hemat energi. Lakukan hal-hal sederhana seperti, mencabut kabel alat elektronik dari stop kontak jika tidak digunakan, atau mematikan AC jika tidak digunakan.

Anda juga bisa menghemat energi dengan tidak menggunakan pengering pada mesin cuci. Biarkan pakaian yang basah kering secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Gerakan hemat energi kecil-kecilan yang kita lakukan di rumah secara tidak langsung bisa memberikan kontribusi terhadap keseimbangan alam.

10. Menyiapkan anggaran khusus untuk rumah

Awal tahun yang baru adalah saat yang tepat untuk merencanakan anggaran rumah tangga selama setahun ke depan. Dalam anggaran tersebut, alokasikan sebagian dana untuk peningkatan dan perawatan rumah Anda. Anggaran yang dibuat terlebih dahulu akan mencegah kita mengeluarkan biaya-biaya yang tidak begitu diperlukan.

Baca : 8 Cara Menyiasati Biaya Dekorasi Rumah Terbatas

Rumah yang senantiasa terawat dan rapi akan membuat penghuninya merasa lebih aman dan nyaman.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *