10 Tips Mendekorasi Ruang Keluarga Agar Terasa Lebih Luas

ruang keluarga

Ruang keluarga merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Dari semua ruangan yang ada di rumah, ruang keluarga merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan sebagai tempat berkumpul semua anggota keluarga. Karena itulah, memiliki sebuah ruang keluarga yang nyaman dan lapang merupakan impian bagi setiap pemilik rumah.

Agar ruang keluarga di rumah kita terasa lebih lapang dan luas, ada beberapa tips dekorasi ruang keluarga yang mungkin bisa Anda jadikan pedoman untuk menata ulang ruang keluarga di rumah.

1. Memilih warna yang tepat untuk dinding dan lantai

Warna gelap pada dinding atau lantai memang cenderung dingin dan nyaman karena tidak menyerap cahaya. Tetapi penggunaan cat berwarna gelap akan membuat sebuah ruangan terasa lebih sempit. Meskipun memiliki ruang keluarga yang tidak terlalu luas, kita masih bisa menggunakan cat berwarna terang untuk memberi kesan luas pada ruangan.

Kalau warna putih terlalu monoton bagi Anda, pilih warna gading, peach, krem, cokelat muda, atau kuning muda. Untuk lantai, daripada menggunakan lantai kayu, atau keramik berwarna gelap lebih baik gunakan granit atau marmer berwarna cerah. Lantai jenis ini akan memberi kesan luas sekaligus sejuk pada ruangan.

2. Memilih furnitur yang tepat

Pemilihan furnitur juga berpengaruh terhadap kesan yang akan kita rasakan dari sebuah ruangan. Jika merasa ruangan keluarga Anda tidak terlalu besar, hindari penggunaan furnitur kayu atau jati yang cenderung menghabiskan tempat. Pilih furnitur minimalis berbahan besi, aluminium, atau kaca.

Untuk meletakkan televisi yang biasanya ada di ruang keluarga, Anda bisa menggantung televisi itu di dinding atau meletakkannya di atas sebuah rak mungil berbahan stainless. Untuk tempat duduk, daripada menggunakan sebuah sofa sudut yang menghabiskan tempat. Letakkan sebuah sofa two seats berkaki untuk memberi kesan lapang.

Hindari mengisi setiap sudut ruangan dengan furnitur yang tidak begitu Anda butuhkan, sehingga ruang keluarga akan terasa lebih lapang dan luas.

3. Memilih karpet yang tepat

Beberapa orang senang meletakkan karpet di ruang keluarga. Padahal keberadaan karpet justru membuat ruangan terasa sumpek dan sempit. Jika Anda sangat menyukai karpet, tetapi ingin ruang keluarga Anda tetap terasa lebih lapang, pilih motif dan bahan karpet yang tepat.

Hindari penggunaan bahan karpet yang terlalu tebal. Pilih motif garis-garis, minimalis, atau yang berwarna cerah. Anda juga dapat meletakkan sebuah karpet kecil berbentuk kotak atau bundar yang dapat diletakkan di tengah ruangan.

4. Gunakan cermin sebagai hiasan dinding

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cermin bisa digunakan untuk memberi kesan lapang pada sebuah ruangan. Jangan penuhi dinding ruang keluarga Anda dengan hiasan berupa piring hias, lukisan mahal dengan pigura kayu berukir, atau deretan foto keluarga. Letakkan itu semua di ruangan lain. Ganti hiasan dinding di ruang keluarga dengan sebuah cermin besar yang elegan dan manis.

5. Biarkan tirai jendela terbuka

Jika ruang keluarga Anda memiliki jendela dengan terali besi, lepaskan terali tersebut. Ganti jendela Anda dengan jendela kaca besar seperti yang ada di pusat perbelanjaan. Gunakan tirai berwarna cerah untuk jendela Anda dan biarkan tirai terbuka sepanjang hari agar ruang keluarga terasa lebih luas.

Hindari penggunaan tirai dari bahan yang berat dan menjuntai ke lantai. Gunakan tirai dari bahan yang ringan, dan biarkan tirai menggantung beberapa senti di atas lantai.

6. Gunakan perabot multifungsi untuk meletakkan semua barang Anda

Saat ini ada banyak sekali perabot multifungsi yang bisa Anda letakkan di ruang keluarga, agar barang-barang yang membuat ruangan terasa lebih sempit bisa dihilangkan. Misalnya, daripada meletakkan buku-buku di sebuah rak kayu, Anda bisa membeli sebuah meja yang juga berfungsi sebagai rak untuk meletakkan buku atau majalah.

Gunakan juga sebuah bufet minimalis yang dapat menyembunyikan televisi dan perangkat home theater di ruang keluarga, agar ruangan terasa lebih lapang. Jangan letakkan semua barang di ruang keluarga. Pilih barang yang tepat dan dibutuhkan, sehingga ruangan tidak dipenuhi oleh barang-barang yang tidak berfungsi maksimal.

7. Cat atau tempel wallpaper pada langit-langit ruangan

Dekorasi ruang keluarga untuk mendapat kesan lebih lapang tidak hanya berlaku pada warna dinding atau furnitur saja. Anda juga bisa mewarnai langit-langit ruang keluarga dengan warna yang cerah. Gunakan warna biru langit, jika Anda ingin membawa suasana alam ke dalam ruangan.

Jika Anda penggemar hal-hal unik dan tidak takut untuk bereksplorasi, tempel langit-langit ruang keluarga dengan wallpaper yang cocok dengan kepribadian Anda. Warna cerah atau hiasan wallpaper pada langit-langit dapat memberi kesan luas.

Hal ini terjadi karena menurut penelitian, segala sesuatu yang menarik mata Anda untuk melihat ke atas akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih lapang dan luas.

8. Pilih hiasan atau ornamen ringan

Meskipun hanya berfungsi sebagai aksesori dan penghias ruangan, beberapa orang sangat menyukai hiasan atau ornamen untuk diletakkan di ruang keluarga mereka. Jika Anda termasuk orang-orang tersebut, jangan khawatir! Anda masih bisa memperoleh ruangan yang terkesan lapang tanpa harus membuang hiasan favorit.

Hindari hiasan besar yang dapat menciptakan kesan sempit pada ruangan. Pilih hiasan atau ornamen minimalis yang terbuat dari kaca atau keramik. Daripada meletakkan sebuah guci Cina raksasa di sudut ruangan, memasang beberapa vas kecil warna warni di atas meja atau bufet akan lebih baik.

9. Hindari penggunaan sekat atau partisi

Jika ruang keluarga Anda hanya dipisahkan oleh sekat dengan ruangan lainnya seperti ruang makan atau ruang tamu, hilangkan sekat di antara ruang-ruang tersebut. Sekat atau partisi hanya akan membuat ruang yang seharusnya luas terasa sempit. Untuk membedakan setiap ruangan, gunakan karpet. Penggunaan karpet dapat menunjukkan perbedaan setiap ruangan dan memberi kesan lapang.

10. Pasang satu lukisan berwarna tegas

Jika Anda penggemar dinding berwarna putih, Anda dapat menambahkan satu lukisan post modern besar dengan warna tegas untuk mendapatkan kesan ruang keluarga yang lebih luas. Selain dapat memberi kesan luas, lukisan dengan warna tegas akan membuat ruangan Anda terasa lebih berwarna dan ceria.

Selain 10 tips di atas, Anda juga harus mempertimbangkan keselarasan warna antara dinding, langit-langit, dan furnitur di ruang keluarga. Terlalu banyak warna malah akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan sumpek. Pilihlah warna-warna yang tergolong dalam satu gradasi.

Jika Anda memilih warna putih pada dinding, gunakan warna putih gading, krem, atau cokelat muda pada furnitur. Jika Anda ingin memberi kesan ceria, pasang sebuah lukisan atau letakkan sebuah hiasan yang berwarna cerah. Kesan sederhana tetapi manis ini akan membuat ruangan terasa lebih luas sekaligus ramah pada mata.

Itulah beberapa tips dekorasi ruang keluarga agar ruangan terasa lebih luas dan lapang. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat mencoba.

loading...

2 comments

  1. bagus ulasannya gan, saya punya produk kerajinan kaligrafi, ada ulasan khusus ndak gan ? yang membahas tentang hiasan dinding dari kerajinan kaligrafi kuningan. kalo agan berkenan mengulas tentang itu saya terima kasih banget, karena selama ini saya belum pernah membaca ulasan tentang itu, padahal banyak yang membutuhkan referensi untuk itu. thank’s gan.

    1. admindrb says:

      Usul yang bagus, nanti kami akan coba mengulas tentang kerajinan kaligrafi kuningan sebagai hiasan dinding rumah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *