3 Tips Kreatif Membuat Ruangan Bermain Anak

dekorasi ruang anak rumah minimalis

Merancang rumah memanglah pekerjaan yang menyenangkan. Biasanya ketika merancang rumah, kita hanya akan fokus pada ruangan-ruangan penting seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dan dapur. Banyak orang yang sering kali lupa bahwa nantinya mereka akan memiliki anak yang membutuhkan tempat bermain.

Apalagi untuk anak balita, ruangan bermain sepatutnya perlu untuk dibuat agar nantinya sang anak dapat bermain dengan nyaman dan aman. Ia dapat bebas beraktivitas sehingga tidak mengganggu perkembangannya. Selain itu, Anda juga jadi tidak perlu khawatir nantinya sang anak akan mengotori ruangan lainnya.

Memang, menyediakan ruangan bermain khusus di rumah minimalis tidaklah mudah. Anda paling tidak harus mengorbankan luas ruangan lain untuk membuatnya. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat menyediakan tempat bermain untuk sang anak dengan mengikuti tips berikut ini.

Ruangan Ramah Anak

Anda tentunya tidak perlu membuat seluruh ruangan di rumah anda menjadi ruangan untuk bermain anak. Anda hanya perlu untuk membuat sebuah sudut untuk sang anak bermain di ruangan rumah. misalnya, di ruang tamu, buatlah sudut untuk sang anak bermain. Di kamar, sisakanlah pojokkan untukĀ  sang anak bermain dengan riang.

Tidak perlu membuat dinding pembatas antara pojok dan ruangan. Anda hanya perlu menggunakan karpet yang berwarna ceria sebagai penanda sudut khusus tersebut. Jangan lupa untuk membuat pondokan itu ramah anak.

Ruangan Berwarna Cerah

Jika Anda menggunakan ruangan khusus, sebaiknya menggunakan warna-warna yang cerah agar anak-anak tertarik untuk bermain. Jangan lupa untuk meletakkan beberapa perangkat yang ramah anak, sehingga kecelakaan anak ketika bermain bisa dikurangi. Jangan gunakan furnitur atau perabot yang biasa digunakan oleh orang dewasa. Karena, biasanya furnitur tersebut tidak ramah anak dan memiliki sudut yang tajam. Desain semenarik mungkin ruangan dan isilah dengan beragam mainan, juga buku dongeng.

Rapikan Ruangan Bersama Anak

Biasanya anak akan sulit untuk diminta membereskan mainan yang telah ia mainkan. Maka, Anda akan kerepotan untuk membereskan mainannya. Cobalah untuk mengajak anak untuk membereskan mainan yang telah digunakan. Caranya, buatlah bagian khusus untuk mainan yang sudah digunakan. Mintalah kepada sang anak untuk menyimpan mainan yang telah digunakan di tempat tersebut, kemudian dia boleh bermain dengan mainan lainnya. dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk membereskan mainan setelah sang anak puas bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *