Lima Kiat “Memperbarui” Tampilan Kamar Mandi dengan Dana Terbatas

dekorasi kamar mandi

Bujet terbatas, tidak jadi soal dalam mendekorasi ruang. Salah satunya, kamar mandi. Menjadi salah satu ruang yang digunakan setiap hari oleh seluruh penghuni rumah, menjadikan kamar mandi ini rentan terhadap kerusakan. Entah dari segi estetis maupun praktis, rasanya perlu jika sesekali Anda memperbarui tampilan kamar.

Tidak dapat diingkari, proses dekorasi ulang maupun renovasi kamar mandi tetap saja membutuhkan biaya. Besarannya, tentulah bervariasi bergantung pada selera dan kebutuhan Anda sebagai pemiliknya. Karenanya, berikut adalah lima kiat dekorasi kamar mandi dengan dana terbatas.

  1. Menentukan Anggaran

Siapkan anggaran belanja Anda. Ini meliputi berapa besaran biaya maksimal yang “mampu” Anda keluarkan untuk mendekorasi kamar mandi. Adapun menentukan bujet membantu Anda dalam memutuskan apa yang boleh dan tidak di dalam proses dekorasi kamar mandi, serta memilah-milah, hal mana saja yang harus dijadikan prioritas.

Jangan khawatir, sebab proses ini tidak sepenuhnya bergantung pada seberapa besar bujet Anda. Pengelolaan bujet secara bijaksana sendiri menjadi poin penting dalam dekorasi kamar mandi berbujet murah. Nah, disarankan untuk memberikan porsi lebih banyak untuk membeli material kamar mandi berkualitas–sebab proses dekorasi ini memang ditujukan untuk rencana jangka panjang.

  1. Perencanaan Desain

Dengan denah sederhana, tentukan pembagian area wilayah kamar mandi. Ini meliputi “area kering” (toilet dan wastafel) dan “area basah (shower). Dengan begitu, kamar mandi pun akan terkesan bersih, sebab pembatasan ini mencegah tumbuhnya lumut dan bakteri. Adapun disarankan untuk membatasi kedua area tersebut dengan sekat kaca, tirai, atau memberikan perbedaan ketinggian lantai.

Nah, pemberian tirai sendiri dipandang sebagai solusi dekorasi kamar mandi dengan dana terbatas. Ada baiknya, Anda memilih terai dengan warna transparan, untuk meminimalkan kesan sempit pada kamar mandi, sekaligus menghindari tampias air ke toilet.

Selain bersih dan cantik, kamar mandi Anda haruslah sehat. Karenanya, sirkulasi udara amat diperlukan. Perhitungkan besar ukuran pintu dan arah bukaannya. Bukan hanya menentukan celah udara maupun cahaya, cara ini juga menjadi pedoman bagi Anda untuk menentukan area handuk dan tempat peralatan mandi.

  1. Ciptakan Kesan Luas dan Lapang

Kamar mandi yang sumpek dan sempit tentulah tidak nyaman. Itulah sebabnya, Anda perlu menciptakan kesan luas dan lapang. Tidak perlu repot menghabiskan biaya untuk memperluas ukuran. Pasalnya, dengan beberapa siasat berikut, kamar mandi minimalis Anda pun bisa terkesan lebih lega:

  1. Kamar mandi kering. Kamar mandi yang nyaman adalah kamar mandi yang bersih, longgar, tidak sumpek, dan fungsional dalam waktu bersamaan. Karenanya, memilih shower atau pancuran air sebagai pengganti bak bukan hanya mampu “meminimalkan” ruang, tetapi juga mencegah berantakan, sekaligus menghemat air dalam jangka panjang. Nah, sebagai pelengkap, jangan lupa memasang wastafel untuk mengakomodasi aktivitas mencuci tangan, wajah, dan menyikat gigi.
  2. Pisahkan fungsi ruang. Terutama area shower, untuk menjaga area lainnya tetap kering. Untuk mempercantik, jangan lupa pilih tirai bermotif menarik dan senada, untuk memberikan kesan “privat” di dalam kamar mandi.
  3. Pemasangan keramik dinding hingga ke plafon. Tujuannya, untuk menciptakan kesan ruangan yang tinggi dan lega. Adapun untuk menyempurnakan fungsi kamar mandi sebagai ruang relaksasi, disarankan untuk memilih warna keramik dinding dan lantai yang cerah dan kalem.
  4. Peletakan storage. Minimalkan ruang dalam kamar mandi dengan meletakkan storage, berupa rak atau justru kabinet. Simpanlah seluruh perkakas kamar mandi, meliputi cadangan sabun, pasta gigi, handuk, dan aksesori lain di sana. Hal ini akan menciptakan kesan luas, sebab alat-alat yang tidak sedang dibutuhkan dapat “tersembunyi” dari pandangan si pengguna.
  1. Tambahkan Fitur

Menyegarkan kembali kamar mandi Anda tidak harus dengan menambahkan fitur baru yang sebenarnya tidak cocok. Nah, dengan biaya murah, Anda dapat membuat meja rias kamar mandi dari bahan bekas atau daur ulang, serta memasang aksesori murah (gantungan baju, tempat sabun, dsb).

Adapun untuk tampilan lebih menarik dan fungsional, jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan cermin besar atau tanaman kecil. Jika perlu, pilihlah yang berbentuk unik agar kamar mandi Anda tampak elegan. Di sisi lain, penggunaan cermin sendiri berdampak pada kesan ruang yang lebih lapang dan luas.

  1. Mengubah Tema

Mudah bagi kamar mandi berukuran besar untuk melakukan perubahan tema. Lantas, bagaimana jika ukuran kamar mandi sempit dan Anda hanya punya bujet terbatas untuk mendekorasinya?

Cara mudahnya, adalah dengan melakukan perubahan pada dinding. Anda bisa memilih keramik bermotif menarik dan mengombinasikannya; menggunakan cat dinding berwarna netral yang dipadukan dengan lukisan; atau menggunakan wallpaper pada satu bidang dinding. Adapun untuk pemilihan wallpaper, disarankan untuk menggunakan bahan vinyl yang tahan terhadap air.

Nah, setelah dinding, disarankan pula untuk mengubah lantai Anda. Selain memilih keramik bermotif menarik dan senada, ada baiknya untuk memilih jenis keramik bertekstur. Tujuannya, untuk memudahkan Anda berjalan–terutama jika jenis kamar mandi Anda tergolong “basah”.

Itulah lima kiat dekorasi kamar mandi dengan dana terbatas. Semoga bermanfaat!

*Tips:

  1. Pastikan Anda sudah mengukur luas seluruh kamar mandi–terutama sebelum melakukan renovasi maupun sekadar dekorasi ulang.
  2. Cek aliran air dan tekanannya saat ingin mengganti keran dengan shower–tujuannya agar nantinya pilihan Anda tidak salah, ketika sudah membeli alat yang baru.
  3. Pastikan membeli dan mempersiapkan bahan dasar dekorasi terlebih dulu–entah dilakukan sendiri atau melalui bantuan tukang, ada baiknya mempersiapkan seluruh bahan agar prosesnya tidak memakan waktu lama. Adapun hal ini juga meminimalkan risiko kecacatan, sebab Anda masih punya waktu cukup untuk mengecek ulang dan menukarkannya ke toko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *