6 Tren Dekorasi Rumah 2016

Foto: Stux/Pixabay

Tahun 2016 adalah tahun di mana para pemilik rumah menginginkan hunian mereka tampil bersahaja, nyaman, namun memiliki identitas yang kuat. Selain desain bangun, mereka juga memusatkan perhatian pada dekorasi rumah. Desain interior, layaknya fashion, berubah dari waktu ke waktu, mengikuti pergerakan dan perubahan tren. Menginjak akhir kuartal kedua di tahun 2016, setidaknya ada beberapa tren dekorasi rumah yang diadaptasi oleh para desainer interior dan homeowner. Apa saja? Berikut rangkuman singkatnya.

 

  1. Dinding Berwarna Pastel hingga Ombre
Foto: Stux/Pixabay

Foto: Stux/Pixabay

Sebagaimana dilansir laman interiordesign.net, Pantone meramalkan 2016 sebagai tahunnya warna-warna pastel pucat. Dua warna utama yang diramalkan Pantone menjadi tren 2016 didefinisikan sebagai pastel pink Rose Quartz dan powder blue serenity. Selebihnya adalah warna-warna pastel senada yang sama-sama memiliki sifat hangat dan kalem.

Dua warna ini tidak hanya standout ketika harus berdiri sendiri melapisi dinding ruangan Anda. Kenyataannya, banyak desainer interior mencoba mengkolaborasikan keduanya dalam satu desain tunggal.

Kontras yang dihasilkan oleh kedua warna tersebut dapat berpadu dengan baik, menciptakan  kesan modern dengan aksen metalik. Terinspirasi dari warna lembut langit, kolaborasi dua warna ini dapat Anda temui di berbagai brand wallpaper maupun cat tembok, untuk tampilan dinding yang menenangkan tanpa kehilangan kesan modern dan minimalis.

 

  1. Sentuhan Rose Gold

rose-gold

Tampaknya warna Rose Gold tidak hanya dipilih oleh desainer salah satu merek high-end smartphone untuk memikat pasar. Faktanya, warna Rose Gold banyak dipakai sebagai referensi warna baru di berbagai item dekoratif hunian.

Bersama-sama dengan warna-warna kalem di poin sebelumnya, item dekoratif dengan warna Rose Gold mampu menambahkan kesan hangat yang pas. Sering disebut sebagai warm metal, perpaduannya dengan warna pastel tidak akan menghasilkan hasil akhir yang terlalu “terbanting” (jika dibandingkan dengan warna emas) atau terlalu monoton (jika dibandingkan dengan warna perak).

Tidak hanya Rose Gold, beberapa warna dengan nuansa senada seperti warna tembaga, akan memberikan efek serupa ke ruangan Anda. Pasangkan beberapa item dekoratif berwarna Rose Gold atau tembaga dengan furnitur kayu atau marmer di dapur atau kamar mandi Anda, untuk aksen kasual yang berkelas.

 

  1. Minimalism with a twist: The New Retro and The Drama Fabric
dekorasi rumah

Foto: KlausAires/Pixabay

Secara umum, dekorasi rumah di tahun 2016 berkiblat pada konsep modern minimalis. Namun, tahun 2016 membuka jalan beberapa tren lama untuk kembali mengudara. Akan ada banyak tambahan aksen berani dan kreatif yang membuat tampilan desain semakin segar dan apik.

Salah satu yang akan sering dijumpai adalah adanya unsur retro dalam gaya dekorasi. Konsep utama yang dihadirkan masih seputar desain minimal yang sarat dengan kesan clean living. Unsur retro dapat Anda peroleh dengan memasukkan beberapa perabot dengan gaya retro cutting. Atau, Anda dapat memperolehnya melalui alat-alat elektronik canggih dengan tampilan desain retro di luar untuk kesan stylist vintage. Tidak perlu takut kesan vintage ini menodai konsep modern minimalis Anda. Porsi yang tepat justru akan membuatnya sebagai pencuri perhatian dari ruangan tersebut.

Menghadirkan berbagai macam pola atau gambar untuk melengkapi konsep modern minimalis juga menjadi tren di tahun 2016. Sofa yang dilapisi kain bermotif bunga akan memberikan kesan edgy dan shabby untuk ruangan minimalis yang didominasi oleh perabot berwarna solid. Selain itu, pola geometris dapat Anda jadikan alternatif pilihan motif untuk menghadirkan vibe yang modern dan dinamis.

 

  1. Black Stainless steel

black-steel-kitchen

Pernah mendengar pepatah “Black never fails”? Ya, tidak terbatas pada perkara fashion saja, hitam pun tidak pernah gagal menjadi primadona dekorasi rumah. Sifat bawaan hitam yang elegan dan berkelas berpadu dengan material stainless steel kualitas prima, mampu menggeser pamor silver metal yang sempat hits di tahun-tahun sebelumnya. Mengaplikasikan black stainless steel di area dapur dapat menghadirkan kesan mewah nan modern. Selain warnanya yang memesona, finishing mengkilap dapat menjadikan tren yang satu ini idola di kalangan ibu-ibu urban.

Foto: toobe8

Foto: toobe8

Tampilan hitam yang gagah dapat Anda padukan dengan konsep tempat makan formal, yang juga menjadi tren di tahun monyet api ini. Meja klasik berbentuk persegi atau persegi panjang dengan dikelillingi beberapa pasang kursi bersandar, akan menciptakan kesan formal yang pas. Untuk menjaga keselarasan warna, Anda dapat memilih furnitur dengan pulasan warna abu-abu muda hingga tua. Tambahkan sedikit drama dengan menggantungkan sebuah chandelier di atas area makan, dan Anda akan mendapatkan ruang makan impian.

 

  1. Ruang Keluarga minim Teknologi

Jangan terburu-buru menganggap tren dekorasi rumah selalu dibarengi dengan adaptasi ruang dengan teknologi terbaru. Hal berlawanan justru terjadi di tahun 2016. Smart home dan berbagai piranti elektronik yang terintegrasi dengan rumah tampaknya belum merajai tren saat ini.

Masyarakat yang mulai sadar dengan efek negatif perkembangan teknologi, dimana teknologi membuat Anda larut dalam sosialisasi virtual ketimbang interaksi langsung, membuat ide ruang keluarga dengan akses minimum teknologi semakin banyak diminati masyarakat.

Foto: Mike Birdy/Pexels

Foto: Mike Birdy/Pexels

Tujuannya tidak lain adalah untuk memfasiltasi lebih banyak family time dan memperkuat komunikasi serta ikatan dalam keluarga. Tips yang dapat Anda gunakan jika Anda ingin mewujudkan ruang keluarga minim teknologi adalah dengan memperhatikan kenyamanan ruang tersebut. Ciptakan suasana nyaman dengan memilih warna-warna terang dan lembut. Anda dapat meletakkan beberapa cushion empuk ekstra nyaman dengan cover atraktif sebagai teman berbincang yang lebih hangat.

Sedikit inspirasi kreatif, Anda dapat membuat custom made board games untuk dimainkan bersama seluruh anggota keluarga di ruangan ini. Atau, Anda dapat mengisi rak-rak display di ruang keluarga dengan buku-buku bacaan, komik, majalah, atau sumber bacaan lain untuk dinikmati seluruh anggota keluarga menurut tingkatan umur yang berbeda.

 

  1. Sunrooms
Foto: Homemydesign/Pinterest

Foto: Homemydesign/Pinterest

Satu hal lain yang menjadi pertimbangan dekorasi rumah di tahun 2016  adalah terkait dengan fungsi relaksasi. Para pemilik rumah mendambakan hunian yang nyaman dan dapat mereka jadikan tempat melarikan diri dari segala kepenatan, aktivitas, dan dunia kerja.

Anda dapat membangun sunroom di rumah Anda dengan memanfaatkan berbagai macam jenis material. Untuk rumah dengan konsep rustic, dapat dipilih material batu bata agar kesan kuat semakin terasa. Pilihan material kayu untuk kesan lebih hangat, dan material kaca untuk pemandangan tak terbatas melalui sunroom Anda.

Anda dapat meletakkan kursi goyang di area ini untuk menunjang aktivitas bersantai Anda. Tumbuhan hijau dapat Anda hadirkan di beberapa sudut ruangan untuk mempermanis tampilannya secara keseluruhan.

 

Selain yang disebutkan di atas, terdapat banyak tren dekorasi rumah 2016 yang dapat Anda jadikan bahan referensi. Anda dapat memulai memilih yang mana yang sesuai dengan konsep rumah Anda untuk mempermudah pencarian gaya yang sesuai. Memulai mendekorasi rumah atau mendekor ulang rumah dapat menjadi pekerjaan yang melelahkan. Namun, jika Anda melakukannya dengan senang hati, hasil akhir yang sesuai dengan prediksi Anda bukanlah sesuatu yang mustahil. Jadi, mulailah mencari tren yang Anda suka dan selamat bersenang-senang dengan rumah Anda!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *