Biaya Dekorasi Rumah Terbatas? Jangan Khawatir, Inilah 8 Cara Menyiasatinya!

dekorasi rumah bujet rendah

Bosan dengan tampilan rumah yang itu-itu saja? Ingin mengganti, namun bujet tinggi menghalangi?

Wajar jika Anda khawatir. Pasalnya, biaya dekorasi rumah atau bahkan justru membongkarnya tidaklah sedikit. Jangankan membeli furnitur baru, memperbaiki bagian yang rusak, seperti lantai atau kamar mandi pun sulit. Salah satu penyebabnya: harga material yang terus merangkak naik.

Padahal, ada banyak elemen biaya yang harus diperhatikan saat mendekor rumah. Ini meliputi pengeluaran untuk mengubah cat, membeli furnitur, hiasan rumah, hingga memperbaiki lantai dan dinding! Nah, lantas bagaimana mengakalinya? Berikut adalah delapan cara agar Anda tetap bisa mendekorasi rumah, meski berbujet rendah.

  1. Rencanakan, Rencanakan, dan Laksanakan!

Lantaran berbujet ketat, perencanaan jadi tahapan paling krusial yang harus Anda persiapkan matang-matang. Memang, tidak semudah kelihatannya. Bagaimana pun, Anda harus memastikan apapun yang Anda beli, sesuai dan bermanfaat dengan tema rumah.

Tentukan satu tema sesuai selera dan buatlah rincian barang-barang yang Anda butuhkan. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda bisa melakukan survei ke toko, membaca majalah hunian, atau berselancar di internet. Jangan lupa, masukan ukuran rumah dan ruang dalam rumah Anda. Banyak kasus terjadi, orang-orang justru membeli barang tanpa memperhitungkan apakah barang tersebut muat dan pas dengan ruang. Adapun untuk mendapatkan harga terbaik, cobalah untuk membandingkan harga satu barang di banyak toko.

  1. Pakai yang Sudah Ada

Manfaatkan barang-barang yang sudah Anda miliki. Nah, jika ada barang lama yang terlihat sudah usang, Anda bahkan bisa memperbaikinya, lho!

Barang sudah tidak berfungsi maksimal? Jangan takut, Anda tetap bisa kok “memindahkan” fungsinya. Pernah lihat sebuah televisi disulap jadi wastafel atau rangka sepeda menjadi ambalan? Nah, Anda bisa menirunya atau berkreasi dengan barang lama di rumah.

Tidak terampil berkreasi? Cukup memajang barang kuno seperti mesin tik atau kamera tua, ruang tengah Anda bahkan bisa bernuansa retro yang elegan. Adapun untuk mempercantik, Anda bisa melengkapi perabot dengan beragam finishing meliputi pernis, duco, atau akrilik. Hitung-hitung menutupi bagian perabot yang cacat, bukan?

  1. Belanja Barang Bekas, Siapa Takut!

Dalam mendekorasi rumah, tidak harus selalu menggunakan barang atau furnitur baru. Anda, juga bisa mendapatkannya dengan berbelanja barang bekas. Apalagi, jika bujet yang Anda siapkan terbatas.

Di luar sana, ada banyak acara penjualan barang bekas yang digelar. Nah, jika tidak kunjung menemukan, Anda bahkan dapat membelinya di situs online semisal Tokopedia atau OLX. Harus dipahami, meski bertema bekas, bukan berarti berkualitas buruk. Kadang kala, Anda justru bisa mendapatkan furnitur bermerek dan berkualitas baik, dengan harga terjangkau.

Takut tampil kuno? Tenang, sebab tren interior pada dasarnya selalu berulang. Apalagi dengan penataan yang baik, bukan tidak mungkin barang jadul Anda justru menjadi focal point ruangan.

  1. Pemilihan Furnitur yang Tepat

Apa pun jenis barang yang Anda pilih, jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan kondisi dan tema ruang. Nah, cara mudahnya, Anda dapat membeli perabot/furnitur yagn sederhana dan berwarna netral. Tujuannya, agar furnitur tetap bisa digunakan berulang kali, meski tren interior selalu mengalami perubahan.

  1. Yuk, Bermain dengan Warna!

Pemilihan warna mampu menghadirkan suasana baru di dalam rumah. Karenanya, pemilihan cat dinding sesungguhnya sangat penting. Salah sedikit, kenyamanan pun bisa berkurang. Apalagi, Anda tidak dapat sesuka hati menggantinya, mengingat harganya yang juga tidak murah.

Sesuaikan cat dinding dengan konsep/tema ruang Anda. Ingatlah untuk tetap memerhatikan konsep psikologi warna. Warna terang seperti oranye atau kuning tentu baik bagi produktivitas Anda, namun buruk untuk kualitas tidur. Namun jika Anda belum berani mengambil risiko dengan warna, ada baiknya untuk memilih cat netral, seperti putih, abu-abu, dan krem.

Adapun Anda dapat berkonsultasi dengan toko cat, atau justru mencari rekomendasinya sendiri melalui majalah/internet.

  1. Perhitungkan Sirkulasi Udara

Pastikan “rumah baru” Anda nanti juga aman bagi kesehatan. Nah, bukan hanya dengan menambah dan memperbaiki sirkulasi udara, Anda juga dapat menambahkan tanaman hijau di sudut ruangan. Tujuannya, untuk memberikan kesan asri dan segar pada ruang.

  1. Modifikasi Pencahayaan

Anda bisa memodifikasi pencahayaan ruang untuk menciptakan kesan dramatis. Tidak selalu dengan lampu hias yang rumit dan mahal, Anda bahkan bisa mengakalinya dengan cara sederhana. Misalnya, Anda dapat mengantung bohlam kecil dengan tali di langit-langit, untuk pencahayaan yang lebih elegan atau lampu Natal untuk menciptakan kesan feminin di ruang tidur.

  1. Buat Sendiri

Menciptakan perabot/furnitur sendiri jadi solusi untuk menghemat bujet Anda mendekorasi rumah. Jangan khawatir, sebab ada banyak sekali petunjuk maupun tutorial kreatif yang tersedia di majalah, buku, maupun internet.

Untuk ruang tamu, misalnya. Anda bisa menjahit sendiri sarung bantal yang kelak bisa diletakkan di sofa. Bukan hanya murah, caranya pun relatif sederhana dan mudah. Toh, ketimbang membeli jadi, Anda pun bisa menghemat bujet untuk membeli kain bermotif berbeda, sebagai pengganti sarung bantal.

Tidak seluruh proses dekorasi rumah membutuhkan desainer. Apalagi, jika bujetnya tergolong rendah. Anda tetap bisa lho memangkas biaya dekorasi rumah semurah mungkin. Memang, sedikit ribet, sebab itu berarti Anda juga harus “menahan” keinginan untuk membeli barang, dan memperhitungkannya agar sesuai dengan konsep rumah.

Adapun Anda tidak harus mendekorasi rumah dalam waktu yang bersamaan. Ada baiknya untuk menentukan terlebih dulu prioritas, ruang mana yang harus didekor terlebih dulu dan mana yang tidak. Nah, seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan ide-ide yang lebih segar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *