Cara Menata Ruang Tamu Agar Tamu Betah Lebih Lama

cara menata ruang tamu

Cara menata ruang tamu dapat menentukan suasana serta fungsi formal atau informal dari ruangan tersebut. Mulai dari pemilihan furnitur, jumlah furnitur, hingga aksen yang diterapkan dalam ruangan tersebut, mampu menghadirkan pesan formal dan informal yang dimaksud.

Ruang Tamu Formal

Ruang tamu formal identik dengan ruangan yang dikhususkan untuk menjamu tamu ketika mereka berkunjung ke kediaman Anda. Terletak di muka dengan desain interior terpaku pada layout klasik yang cenderung “kaku”.

Orang biasa menempatkan furnitur basic di ruangan ini. Furnitur basic yang dimaksud adalah furnitur yang lebih mengutamakan fungsi dan tampilan daripada kenyamanannya untuk menunjang desain bangun yang sudah ada. Hal tersebut tentunya sangat relatif; bergantung ke gaya dan cita rasa pemilik rumah. Menambahkan aksen ke ruang tamu formal biasanya dilakukan dengan menambahkan karya seni atau sekadar tanaman hias.

dekorasi ruang tamu

Foto: Rebela/Pixabay

Ruang Tamu Informal

Ruang tamu jenis ini dapat memiliki fungsi lain sebagai ruang keluarga, ruang santai, dan lain sebagainya. Anda akan memperlakukan kolega dengan cara yang berbeda jika dibandingkan dengan cara Anda memperlakukan teman dekat. Kolega akan Anda sambut di ruang tamu formal, sementara teman dekat akan Anda persilakan untuk berbaur dengan santai di ruang tamu informal. Hal ini hanyalah perkara kedekatan mutual dengan si pemilik rumah.

Pemilihan furnitur di ruang tamu jenis ini cenderung lebih fleksibel dan terfokus pada kenyamanan. Selain meja, kursi, dan elemen-eleme dasar lainnya, Anda mungkin akan menambahkan TV atau home theater karena ruang ini kerap digunakan sebagai ruang hiburan pula.

dekorasi ruang tamu informal

Foto: andremergulhaum/Pixabay

Cara menata ruang tamu tidak semudah perkara menempatkan meja dan beberapa set kursi dengan imbuhan lukisan mahal di salah satu dinding ruangan saja. Dekorasi di ruang ini haruslah memerhatikan estetika, fungsi, serta keefektifan furnitur. Berikut beberapa elemen desain ruang, furnitur, dan perlengkapan lain yang wajib ada di ruang tamu dan inspirasi cara memadukannya.

Elemen Arsitektur

Satu hal mengenai ruang tamu yang wajib ada adalah tentang kesan ruang publik. Kesan tersebut dapat Anda dapatkan melalui berbagai cara. Salah satunya dimulai dengan desain arsitektural yang memiliki detail dan karakter yang tepat. Mendesain ruangan dengan beberapa detail architectural trimwork akan membuat tampilan ruang tamu Anda tampil lebih inviting di mata tamu.

Anda dapat bermain dengan bagian atap atau dinding ruangan sehingga dihasilkan tampilan yang menarik dan berbeda. Atap berkubah atau atap dengan detail kayu blok yang Anda biarkan terbuka tanpa perlu menutupnya dengan finishing datar untuk kesan yang lebih dinamis. Atau, menambahkan pinggiran berukir di pintu dan jendela untuk detail yang berbeda.

dekorasi ruang tamu atap

Foto: stevepb/Pixabay

Selain atap dan dinding ruang tamu, Anda patut memberikan perhatian lebih ke lantai di ruangan ini. Jika Anda telah bereksperimen dengan atap dan dinding untuk memunculkan kesan dinamis, porsi lantai adalah untuk menciptakan kenyamanan bagi Anda dan tamu. Pilihlah material lantai yang dapat memberikan kenyamanan ke kaki tamu ketika mereka memijakkan kaki di atasnya. Beberapa pilihan materi pelapis lantai yang populer di pasaran di antaranya mencakup ubin dari material keramik, batu, parket, atau full carpeting.

dekorasi ruang tamu lantai

Foto: jactod/Pixabay

Tempat duduk

Ada beberapa pilihan jenis tempat duduk untuk melengkapi tampilan ruang tamu Anda. Mulai dari sofa sectional yang nyaman hingga kursi kayu yang kontemporer. Beberapa tipe single chair seperti kursi malas, ottoman, kursi goyang, bahkan bangku pun dapat dihadirkan di ruang ini.Dengan berbagai material pelapis, mulai dari kuit hingga aneka tekstil beraneka rupa, banyak jenis kursi untuk mempercantik tampilan ruang tamu Anda.

Ruang tamu adalah ruang untuk berkumpul. Sebagaimana layaknya ruang berkumpul, tempat duduk adalah elemen esensial untuk mengakomodasi pembicaraan. Mengatur tampilan tempat duduk untuk saling berhadapan satu sama lain dapat membantu Anda membangun percakapan. Jika Anda memiliki ruang tamu yang cukup luas, Anda dapat membagi ruang menjadi dua bagian, dengan dua set tempat duduk untuk feeling yang lebih intim dan percakapan yang lebih intens. Meletakkan kursi dan ottoman dalam salah satu grup akan memberikan aksen sekaligus memperluas lingkaran pembicaraan dari kursi utama atau sofa.

dekorasi ruang tamu kursi

Foto: dankershaw/Pixabay

Meja

Apa jadinya ruang tamu tanpa meja? Tidak ada tempat untuk meletakkan makanan atau minuman, tempat meletakkan bahan bacaan, dan sebagainya. Oleh karenanya, furnitur yang satu ini wajib Anda hadirkan dalam cara menata ruang tamu Anda.

Baca juga: Tips memilih Furnitur Murah dan Berkualitas

Mulai dari konsol atau meja sofa hingga meja kopi atau ottoman berikut nampan, dapat Anda letakkan di area ini. Selain memiliki fungsi praktis seperti yang tersebut di atas, meja pun dapat berfungsi sebagai elemen pelengkap untuk meletakkan assesoris tambahan seperti lampu dan berbagai pernik dekoratif lainnya.

dekorasi ruang tamu meja

Foto: Unsplash/Pixabay

Lampu

Lampu adalah elemen fungsional sekaligus dekoratif yang dapat menambah drama ke ruang tamu. Cahaya lampu dapat membawa atmosfer yang berbeda ke ruang tamu. Lampu dapat membawa kesan hangat maupun dingin ke ruangan. Semua bergantung ke warna lampu dan juga keseluruhan kesatuan pencahayaan.

Lampu yang dapat menjadi redup dan terang dapat Anda pilih untuk menyiasati mood yang berbeda. Berbagai pilihan lampu seperti chandelier, lampu duduk, dan sebagainya dapat Anda pilih untuk tampilan ruang tamu lebih chic dan menarik.

dekorasi ruang tamu lampu chandelier

Foto: andremergulhaum/Pixabay

Baca Juga: 16 Lampu Gantung Unik

Karpet

Karpet bukanlah hal baru untuk kesan dramatis. Karpet dapat menjadi cara instan untuk ruangan yang lebih segar namun bersuasana hangat. Corak dan material beragam dapat Anda pilih untuk disesuaikan dengan tema ruangan serta melengkapi furnitur yang sudah ada.

dekorasi ruang tamu karpet

Foto: Hans/Pixabay

Dekorasi Jendela

Jendela dapat berfungsi sebagai bukaan; jalan masuknya udara untuk ruangan yang lebih segar serta jalan masuknya cahaya untuk ruangan yang lebih cerah. Namun, selain kedua fungsi utama tersebut, Anda dapat meletakkan beberapa elemen dekoratif untuk tampilan jendela lebih atraktif dan ruang tamu yang lebih cantik pastinya.

Ada kerai, gorden, shades, valances , layar, tirai, dan aplikasi khusus kaca lainnya yang dapat Anda masukkan ke daftar elemen pelengkap ruang tamu Anda. Semuanya bergantung pada desain ruang dan gaya Anda.

dekorasi ruang tamu jendela

Foto: FlashBuddy/Pixabay

Titik Fokus

Selain perabot fungsional, Anda dapat membuat tampilan ruangan semakin menarik dengan memilih beberapa item sebagai titik fokus. Sebagai titik fokus yang menarik perhatian tamu ketika memasuki ruangan, Anda dapat meletakkan dekorasi ruang seperti lukisan, cermin, wall art, print, atau faux.

Hadirkan impresi lebih intens dengan menambahkan bantal dengan sarung bantal menarik di kursi ruang tamu Anda. Untuk meja samping atau ottoman, Anda dapat meletakkan aneka item dekoratif yang memiliki nilai seni tersendiri. Jika Anda memiliki kabinet khusus atau display khusus, maka Anda dapat meletakkan hiasan kristal atau lainnya untuk menambahkan warna pada ruang tamu.

dekorasi ruang tamu bantal

Foto: ErikaWittlieb/Pixabay

Mendesain “wajah” rumah Anda bukanlah perkara mudah. Banyak yang harus dipertimbangkan dalam melakukannya. Awalilah dengan apa yang menjadi style Anda dalam cara menata ruang tamu yang lebih inviting dimata kolega, teman, dan kerabat supaya mereka betah lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *