Dekorasi Kamar Berdasarkan Rentang Usia

Foto: Khitk/Pixabay

Apakah kamar tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa atau anak-anak, usia si empunya kamar wajib untuk Anda pertimbangkan. Dekorasi kamar untuk orang dewasa dapat dipecah-pecah menurut tingkatan usia mereka; apakah usia produktif atau usia lanjut, dan seterusnya. Pertanyaan serupa juga berlaku untuk kamar anak. Apakah kamar tersebut peruntukkannya untuk bayi, anak-anak, atau remaja? Juga, apakah mereka akan menempati kamar tersebut sendiri atau berbagi dengan saudara mereka.

Dekorasi kamar usia produktif

Foto: Khitk/Pixabay

Dalam mendekorasi kamar orang dewasa di rentang usia produktif, Anda patut memerhatikan beberapa faktor seperti tema, pilihan warna, pencahayaan, dan sebagainya. Jati diri Anda dapat Anda tonjolkan melalui pemilihan tema dan furnitur yang sesuai dengan style Anda. Ranjang dengan ukuran dan desain yang sesuai sudah pasti harus ada di dalamnya. Beberapa perabot tambahan seperti kabinet penyimpanan, sofa atau kursi, dan cushion bermotif  dapat Anda hadirkan untuk mendapatkan kesan hangat pada kamar. Beberapa elemen dekoratif yang berani dan atraktif dapat pula Anda pilih untuk kesan muda dan segar.

Di rentang usia ini, sering kali orang mengalami masalah kesulitan tidur akibat beban kerja atau hal lainnya. Kamar tidur harus mampu menjadi tempat mereka mengisi ulang tenaga setelah bergelut dalam segala rutinitas. Pilihan warna dinding, atap, atau lantai dengan warna yang cozy akan memudahkan mereka mendapatkan kualitas tersebut.

Dekorasi kamar usia lanjut

Foto: James DeMers/Pixabay

Lain halnya dengan usia produktif, penghuni kamar lanjut usia membutuhkan kamar yang nyaman, akses mudah, tanpa meninggalkan sedikit pun estetika. Utamakan kenyamanan ketika Anda memilih ranjang, cushion, atau kursi untuk mereka. Jangan terlalu banyak memenuhi kamar dengan perabot karena akan memengaruhi kemudahan mereka dalam bergerak. Pilihlah perabot dan pernik yang bersifat timeless agar si penghuni ruangan tetap dapat menikmati ruangan tersebut, sementara Anda tetap dapat mempertahankan tema yang diusung oleh rumah itu sendiri. Bila perlu, Anda dapat menambahkan kamar mandi di dalam kamar demi kemudahan bagi yang tersayang.

Dekorasi kamar usia remaja dan anak

Foto: Iranero/Pixabay

Mendekor kamar untuk anak-anak dapat menjadi tantangan tersendiri. Salah satu tantangan yang akan Anda hadapi terkait dengan porsi mereka dalam menentukan dekorasi kamar itu sendiri. Apakah Anda akan membiarkan mereka memilih warna dinding sesuai warna favorit mereka? Apakah Anda membiarkan mereka menentukan bentuk dan ukuran tempat tidurnya? Atau, akankah Anda setuju dengan tokoh kartun idola mereka? Dan sebagainya. Dibutuhkan seni tersendiri dalam mengikutsertakan buah hati dalam mendekorasi kamar tidur mereka tanpa melepas sentuhan estetis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *