Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Tepat bagi Kamar Berukuran Kecil

dekorasi kamar tidur anak

Memiliki kamar tidur yang nyaman adalah impian bagi setiap orang. Karena kamar tidur adalah tempat kita memulai dan mengawali hari. Siapa yang mau beristirahat di kamar yang gelap dan pengap atau terbangun di atas ranjang yang tidak nyaman? Semua orang pasti ingin memiliki kamar tidur yang nyaman agar mereka dapat beristirahat dengan tenang setelah seharian beraktivitas.

Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sama halnya dengan kita, mereka pasti ingin memiliki sebuah kamar yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik. Meskipun kamar yang mereka tempati saat ini berukuran kecil, bukan berarti kita tidak bisa membuat kamar yang terkesan luas.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menyiasati kamar tidur anak yang berukuran kecil. Berikut adalah tips dekorasi kamar tidur anak yang tepat sehingga kamar yang kecil akan terasa lebih luas dan anak-anak akan merasa lebih nyaman,

1. Pilih tempat tidur yang sesuai

Nyaman bukan berarti besar. Agar kamar tidur anak yang berukuran kecil terasa lebih luas, kita harus menyiasatinya dengan meletakkan tempat tidur berukuran kecil. Jika kita memiliki dua anak tetapi hanya memiliki satu tempat tidur, hal tersebut bisa kita atasi dengan menggunakan tempat tidur bertingkat.

Pilihlah tempat tidur yang berkaki dan tinggi. Bagian bawah tempat tidur tersebut dapat kita manfaatkan untuk meletakkan barang-barang anak, seperti peti atau keranjang mainan. Kita juga bisa memodifikasi tempat tidur menjadi sebuah furnitur multifungsi.

Furnitur multifungsi akan membantu memaksimalkan fungsi sebuah ruangan. Sehingga kita tidak akan membutuhkan barang lain yang hanya akan membuat penuh ruangan dan merusak sirkulasi udara yang seharusnya baik di kamar tidur anak.

2. Hiasi ruangan dengan cat dan wallpaper warna-warni

Anak-anak identik dengan segala hal yang berwarna dan memberi kesan ceria. Agar anak merasa nyaman dengan kamar tidur mereka yang berukuran kecil, warnai dinding kamar tidur dengan cat warna terang seperti oranye, merah muda, kuning, hijau, atau biru muda.

Gunakan gradasi warna yang senada untuk dinding dan furnitur. Sehingga meskipun kecil, ruangan akan terasa lebih luas karena tidak dipenuhi dengan berbagai macam gradasi warna yang tidak senada. Misalnya, jika dinding kamar berwarna oranye, gunakan furnitur berwarna krem atau cokelat muda.

Selain dinding, kita juga bisa menghiasi langit-langit kamar dengan menempel wallpaper dengan gambar yang menarik. Menurut penelitian, sesuatu yang menarik mata untuk melihat ke atas akan memberi ilusi bahwa kita berada di suatu tempat lapang.

Baca : Dekorasi Dinding Kamar yang Unik dan Bagus

3. Letakkan cermin di dinding

Cermin adalah salah satu furnitur yang paling sering digunakan untuk menyiasati ruangan sempit agar terasa lebih luas. Hal ini karena pantulan yang terlihat pada cermin menciptakan ilusi yang membuat sebuah ruangan tampak lebih lebar daripada ukuran sebenarnya.

Meletakkan cermin di kamar tidur anak selain dapat menciptakan kesan luas pada ruangan, juga dapat menjadi hiasan dinding yang cantik. Pasang sebuah cermin besar dengan pinggiran minimalis untuk menghias dan memaniskan kamar tidur anak Anda.

4. Pilih lemari yang tepat

Lemari merupakan furnitur wajib yang harus ada di setiap kamar tidur. Selain bisa dipakai untuk menyimpan pakaian, lemari juga dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang anak lainnya seperti: buku, mainan, atau perlengkapan sekolah.

Agar sebuah lemari dapat memiliki fungsi yang maksimal untuk sebuah kamar tidur anak yang berukuran kecil, buatlah sebuah lemari yang memiliki banyak fungsi. Zaman sekarang sangat mudah mencari berbagai referensi desain lemari multifungsi di internet.

Salah satunya, Anda bisa membuat lemari yang sekaligus berfungsi sebagai meja belajar. Jika semua pintu lemari ditutup, meja belajar akan tersembunyi dan tidak terlihat dari luar. Anda juga bisa membuat sebuah lemari yang menempel dengan tempat tidur untuk menghemat tempat.

Selain dapat menghemat tempat, lemari multifungsi juga dapat digunakan untuk menyiasati kamar tidur anak yang sempit. Karena memiliki banyak fungsi, kita tidak akan membutuhkan furnitur lain untuk diletakkan di kamar tidur anak. Sehingga kamar tidur anak yang sempit pun akan terasa luas.

5. Hindari penggunaan tirai lebar yang menjuntai ke lantai

Jika di kamar tidur anak terdapat jendela, hindari penggunaan tirai berukuran besar dan lebar untuk menutup jendela. Gunakan tirai pendek dari jenis kain yang ringan dan tipis. Kain tirai yang besar dan lebar hanya akan membuat ruangan yang sudah berukuran kecil terasa semakin sempit.

Untuk jendela yang tinggi Anda bisa menggunakan tirai panjang dari kain tipis dan tidak menempel ke lantai. Anda juga bisa memasang tirai hias berbahan plastik. Selain berfungsi sebagai penutup jendela, tirai hias akan menambah kesan ceria pada dekorasi kamar tidur anak.

6. Pasang sistem pencahayaan yang tepat

Selain jendela, sumber pencahayaan sebuah ruangan berasal dari lampu yang digunakan pada malam hari. Tapi tahukah Anda? Bahwa ternyata lampu juga bisa digunakan untuk menyiasati ruangan yang sempit terkesan lebih lapang. Untuk mendapatkan kesan tersebut, gunakan lampu yang terang.

Lampu yang sinarnya terang akan memberi kesan lega pada sebuah ruangan. Hindari menggunakan lampu temaram sebagai sumber cahaya utama. Gunakan lampu temaram sebagai lampu tidur saja. Karena lampu temaram hanya akan memberi kesan pengap jika digunakan untuk menerangi ruangan.

Pilih juga lampu yang hemat energi. Saat ini mudah sekali menemukan lampu hemat energi dan memiliki cahaya yang terang. Selain bisa memberi kesan luas pada sebuah ruangan. Penggunaan lampu hemat energi yang terang akan menghemat biaya tagihan listrik setiap bulan.

7. Hindari pemasangan hiasan dinding yang berlebihan

Untuk memberi kesan luas pada kamar tidur anak yang sempit, hindari pemasangan hiasan dinding seperti lukisan klasik, deretan foto keluarga, atau wallpaper yang penuh dengan warna dan gambar. Biarkan dinding kamar tidur anak polos tanpa hiasan. Sehingga meskipun berukuran kecil, kamar akan terasa lebih luas.

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa cara lain yang bisa kita gunakan untuk menyiasati kamar tidur anak yang berukuran kecil agar terasa lebih luas. Salah satunya adalah dengan memisahkan kamar tidur, ruang bermain, dan tempat belajar anak.

Maksimalkan fungsi kamar tidur anak sebagai tempat beristirahat saja. Letakkan mainan dan meja belajar mereka di tempat lain yang lebih luas. Selain bisa memaksimalkan fungsi utama kamar tidur. Pemisahan ini juga dapat memudahkan anak untuk menjaga kamar dan barang-barangnya agar tetap rapi.

Peletakan barang yang rapi dan teratur, secara otomatis akan membuat mata yang memandang merasa nyaman. Jadi meskipun berukuran kecil, kamar tidur akan terasa lebih lapang dan luas.

Itulah beberapa tips dekorasi kamar tidur anak untuk menyiasati ukuran kamar tidur yang kecil agar terasa lebih luas. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *