Serba Serbi Dekorasi Ruang Sempit untuk Rumah Mungil Maximalis

Dekorasi Ruang Kamar Sempit

Terbatasnya lahan bukanlah penghalang untuk memiliki hunian yang nyaman. Lahan yang sempit juga bukan alasan untuk menghilangkan ruangan tertentu dari rumah Anda. Penuh dengan tantangan, kreativitas Anda adalah satu-satunya aset untuk menyiasati keterbatasan area. Setidaknya ada dua hal yang menjadi pegangan Anda dalam mendesain rumah mungil sehingga memiliki fungsi yang tidak kalah dengan rumah yang memiliki ukuran relatif lebih luas. Dua hal tersebut adalah desain bangun yang efektif dan pemilihan perabot yang tepat dan sesuai. Berikut beberapa inspirasi dekorasi ruang sempit secara umum dan berdasarkan kriteria spesifik masing-masing ruangan di dalam rumah Anda.
#1 Peraturan Wajib Mengelola Ruangan Sempit
Anda harus pandai mengelola lahan sempit sehingga setiap sudut akan berfungsi semaksimal mungkin tanpa ada satupun yang mubazir. Menurut tabloid rumah Laras, terdapat istilah minimal dua obsesi, dimana Anda mengolah lahan minimal untuk menghasilkan sebanyak mungkin pengolahan ruangan, hubungan antarruang, ataupun hubungan antara ruang dalam dan luar. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memeroleh hasil tesebut adalah dengan melakukan beberapa tips berikut.

  • Hindari Kesan Masif

Kesan lapang dapat Anda dapatkan dengan meminimalkan sekat dan membuat desain ruang yang saling terhubung satu sama lain. Anda dapat membuat pemisah antarruang hanya dengan memberikan perbedaan level lantai, tanpa sedikitpun menggunakan sekat tembok dan sejenisnya. Atau, dengan memanfaatkan perabot dengan desain yang sesuai.

  • Cahaya, Bukaan, dan Kaca

Berikan akses untuk cahaya agar dapat masuk sebanyak-banyaknya ke dalam rumah. Ruangan yang memiliki pencahayaan yang banyak akan memiliki ilusi ruang yang lebih lapang. Anda dapat mengaplikasikan dinding kaca di beberapa sisi rumah atau di satu sisi atap untuk pencahayaan yang lebih intens serta aksen yang mengejutkan. Menempatkan kaca dapat mengurangi kesan sesak pada ruangan sempit. Kaca akan memantulkan cahaya yang masuk dan menyebarkannya ke berbagai sudut ruangan.

Selain itu, menghadirkan banyak bukaan seperti jendela dan pintu akan membuat ruangan sempit Anda memeroleh banyak cahaya.

  • Cerdas Memilih Furnitur

Di samping desain bangun yang tepat, Anda patut memerhatikan desain perabot yang Anda pilih. Setidaknya ada tiga kualitas yang harus ada pada perabot ruangan mungil Anda. Simpel, ramping, dan multifungsi.

Simpel. Pilihlah perabot yang memiliki desain “bersahaja”. Detail yang terlalu banyak pada jenis perabot tertentu akan berkontribusi pada kesan sesak atas ruangan itu sendiri. Salah satu ide yang dapat Anda jadikan referensi memilih perabot simpel adalah dengan menambahkan beberapa rak ambalan ke dinding rumah. Untuk mengisi absennya detail furnitur, Anda dapat meletakkan beberapa pernik beraneka rupa di atas rak-rak tersebut.

Ramping. Ukuran perabot sering kali membutuhkan pertimbangan tersendiri. Meletakkan built-in cabinet di salah satu sisi dinding akan menambah beberapa inci ruang kosong.

Multifungsi. Satu benda namun memiliki lebih dari satu fungsi. Konsep ini patut Anda pertimbangkan tatkala memilih perabot untuk dekorasi ruangan sempit. Sofabed, ranjang dengan storage, meja TV yang merangkap sebagai rak pajangan, atau lemari yang sekaligus berfungsi sebagai penyekat ruangan, semuanya patut Anda pertimbangkan.

 

#2 Ruang Tamu

Dekorasi ruang tamu

Foto: Lexip.co

Ruang tamu Anda tidak akan terasa longgar jika Anda menempatkan beberapa kursi kecil di dalamnya. Sebaliknya, pemilihan kursi yang berukuran cukup besar dengan desain streamline justru akan menambah kesan luas pada ruangan.

Gabungkan perabot-perabot dengan ciri tersebut dengan latar warna dinding, atap, atau lantai berwarna natural dan terang seperti warna putih, maka ruang tamu Anda akan terhindar dari kesan sumpek dan sesak.

 

#3 Ruang Keluarga

Dekroasi ruang keluarga

Foto: Mike Birdy/Pexels

Untuk kesan ruang keluarga yang lebih luas, Anda dapat memilih perabot multifungsi yang berfungsi sebagai unsur dekoratif dan penyimpanan. Jangan menyia-nyiakan ruangan vertikal yang tersedia. Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat perabot custom-made yang memiliki area penyimpanan hingga atap.

Ruang keluarga dapat Anda sandingkan dengan ruang tamu tanpa menggunakan sekat sekalipun. Guna memeroleh kesan yang berbeda di kedua ruangan tersebut, Anda dapat memanfaatkan perbedaan ketinggian antarruang atau dengan menggunakan partisi dua muka.

 

#4 Dapur

Dekorasi ruang dapur

Foto: WDnet Studio/Pexels

Salah satu ruangan dengan jumlah “penghuni” paling banyak adalah dapur. Dapur yang ringkas akan terlihat lebih luas dan tidak menyesakkan. Anda dapat menyiasati keterbatasan area dapur melalui permainan kabinet.

Kabinet yang terpasang di bawah maupun di atas meja dapur dapat dipasang di dapur mungil Anda. Khusus untuk kabinet atas, sebaiknya Anda variasikan dengan rak-rak terbuka sehingga dapat mengurangi kesan masif dari kabinet-kabinet tertutup. Pemilihan kabinet dengan pintu kaca juga akan mengurangi kesan penuh dari material solid tak tembus pandang.

Tampilan luar kabinet dengan warna cerah akan memberikan kesan longgar ke keseluruhan tampilan dapur. Sebaliknya, warna-warna gelap akan memberikan ilusi sempit ke area dapur.

Apa yang ada di dalam kabinet juga perlu Anda perhatikan. Maksimalkan daya tampung dan kemudahan akses dari masing-masing kabinet dengan memasang berbagai jenis rak yang dapat ditarik, diputar, atau dimiringkan sesuai dengan jenis piranti masak yang disimpan.

Maksimalkan pencahayaan di sekitar kabinet dengan memasang jenis lampu tertentu di bawah kabinet atas atau di beberapa titik lain (seperti menggantung di tengah dapur atau di dekat area memasak dan memotong).

 

#5 Kamar Tidur

Dekorasi Ruang Kamar Sempit

Foto: jaymantri/Pexels

Tips dekorasi ruang sempit untuk area ini, lagi-lagi terpusat pada pemilihan furnitur. Simpel, ramping, dan multifungsi. Tentu Anda tidak ingin membuat ranjang Anda mendominasi fokus pandang kamar Anda karena memiliki desain berkelambu layaknya ranjang putri tidur, bukan? Stay simple  dan beri sentuhan fungsional ke ranjang, justru akan menghadirkan proposi yang pas dengan ukuran kamar yang tidak terlalu besar.

Manfaatkan area bawah ranjang dengan menambah kabinet penyimpanan. Anda dapat menyimpan pakaian atau bahkan mainan di dalamnya tanpa perlu memikirkan lemari khusus yang memakan tempat.

 

#6 Kamar Mandi

Foto: davidlee770924/Pixabay

Foto: davidlee770924/Pixabay

Lahan sempit tidak akan menghalangi Anda memeroleh kamar mandi yang cantik. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminimalkan penyekat dan menggantinya dengan tirai kamar mandi atau panel kaca.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan ruang di atas toilet untuk meletakkan rak tempat meletakkan handuk bersih atau perlengkapan mandi lainnya. Masih berkaitan dengan storage, letakkan unit penyimpanan Anda di pojok kamar mandi agar tidak ada satupun bagian ruangan yang mubazir.

Letakkan cermin di seberang sisi memanjang kamar mandi sehingga timbul ilusi ruang yang lebih luas. Dan, cobalah untuk memilih vanity dengan sisi bundar agar Anda terhindar dari terbentur siku dari vanity bersisi kotak.

Ada berbagai pilihan kelengkapan kamar mandi yang didesain untuk ruang yang terbatas. Jadi, Anda masih memiliki kesempatan untuk memiliki bathtub di kamar mandi imut Anda. Tentunya, dengan menerapkan tips di atas.

Dengan mempertimbangkan desain bangun, tata interior, dan pilihan furnitur multifungsi, Anda dapat mendapatkan hunian yang terasa lapang. Jangan ragu untuk menghubungi desainer interior setiap kali Anda memiliki masalah terkait dekorasi ruang sempit di rumah Anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *