Dekorasi Rumah Minimalis ala Skandinavia

skandinavia

Kecantikan dekorasi rumah Eropa sudah melegenda ke seluruh penjuru dunia bahkan sejak ratusan tahun silam. Desain hunian bergaya klasik Victorian, modern kontemporer, bahkan modern minimalis terlahir dari kreativitas arsitek benua biru. Semua menawarkan tampilan dan pesona yang berbeda. Pun halnya dengan rumah ala Skandinavia. Banyak hal menarik yang dapat menginspirasi Anda untuk membuat Skandinavia kecil versi Anda.

Pilihan Warna Netral

Dekorasi rumah minimalis bergaya Skandinavia biasanya mengadopsi warna-warna netral seperti biru pucat, abu-abu muda, putih, dan krim untuk diterapkan dalam perabot maupun warna dasar ruangan. Pilihan warna netral ini lah yang mendasari kepopuleran gaya Skandinavia dalam ranah desain rumah minimalis. Namun demikian, ada beberapa aksen yang biasa dipadukan untuk menyiasati kebosanan akan warna-warna tersebut. Beberapa desainer menggunakan pola dan desain grafis sebagai aksen tambahan.

rumah ala skandinavia

Foto: best-snap/Pixabay

Warna netral, utamanya putih, sangat banyak dijumpai di berbagai sudut rumah Skandinavia. Bahkan, warna putih mewarnai area lantai, yang umumnya terbuat dari material parket; bukan karpet layaknya rumah berarsitektur Amerika. White wood, yang biasa digunakan untuk area lantai adalah salah satu trademark rumah Skandinavian. Efek timeless dari perpaduan warna putih dan material kayu juga menciptakan suasana yang kental akan kesan bersih dan lapang.

Desain Yang Dekat Dengan Alam

Karena letak geografis Skandinavia yang berdekatan dengan kutub, bahkan setitik sinar matahari sangatlah dihargai di sana. Hal ini pula lah yang mendasari banyaknya aplikasi  jendela untuk mengakomodasi sinar matahari masuk ke rumah-rumah berdesain minimalist Scandinavian.

rumah ala skandinavia

Foto: Unsplash.com/Pexels

Banyaknya instalasi jendela dan bukaan seringkali dipadukan dengan furnitur kayu dengan efek transparent finishing untuk mencipatakan ilusi hangat pada ruangan. Selain memberi jalan untuk sinar matahari masuk rumah, banyaknya jendela dengan kaca-kaca transparan juga difungsikan sebagai kanvas hidup yang menggambarkan keindahan alam di sekitar rumah. Jika diperhatikan, rumah-rumah bergaya Skandinavia biasa dibangun di pinggiran kota, dimana terdapat lebih banyak pepohonan ketimbang bangunan bertingkat.

Scandinavian Furniture

Satu hal yang menjadi trademark lain dari Skandinavia adalah keanekaragaman motif tekstil yag diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan fashion dan home design. Di ranah desain hunian, kain Skandinavia banyak digunakan sebagai pelapis kursi, sarung bantal kursi, bahkan motif karpet; memberikan aksen manis yang tidak dapat Anda jumpai di tempat lain.

Desain furnitur ala Skandinavia ditunjukkan dengan desain yang simple namun cozy, dengan pertimbangan detail fungsional di tiap sudutnya. Desain seamless nan efektif membuat furnitur yang ditampilkan menunjang keseluruhan dekorasi rumah minimalis yang modern.

rumah ala skandinavia

Foto: HobokenHome7-Pixabay

Jika Anda berniat untuk lebih dalam lagi mendalami desain interior ala Skandinavia, mungkin Anda bisa memulainya dengan memilih perabot seperti penduduk aslinya. Mereka memilih menggunakan furnitur ramah lingkungan sebagai bagian gaya hidup mereka. Pemilihan material pengganti kayu dengan pertimbangan pemilihan material stainless steel dan lainnya patut Anda jadikan acuan dalam membangun rumah ala Skandinavia Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *