Cara Kreatif Menghias Dinding Rumah dengan Seni Tembok Foto

hiasan dinding rumah

Salah satu bagian rumah yang kerap dihiasi adalah dinding. Dinding rumah yang kosong kerap kali menghadirkan suasana hampa dan kosong. Untuk itu, banyak pemilik rumah yang memberikan sentuhan kreatif untuk menghias dinding rumahnya. Foto ternyata bisa menjadi hiasan dinding rumah yang sangat mengesankan. Seni menghias dinding rumah dengan foto dikenal dengan nama seni tembok foto.

Foto merupakan salah satu hiasan dinding rumah terbaik. Foto atau gambar mampu menghadirkan suasana hangat, menyenangkan, dan romantis, bagi penghuni rumah. Foto juga mampu mengingatkan Anda pada orang-orang terdekat.

Seni tembok foto menggunakan media foto dan bingkai. Supaya hasilnya rapi, foto-foto harus disusun mengikuti sebuah pola. Pola yang bisa digunakan pun beragam, tergantung selera pemilik rumah dan luas tembok yang bisa digunakan. Beberapa pola yang bisa diikuti misalnya segitiga, hati, menara Eiffel, bahkan inisial nama. Jika Anda tertarik, berikut ini kami paparkan 8 cara menjadikan bingkai foto sebagai hiasan dinding rumah.

  1. Memilih Palet Warna

Sebelum memulai, Anda perlu memilih satu warna untuk bingkai foto. Warna bingkai disesuaikan dengan warna dinding dan furnitur rumah. Beberapa pilihan warna bingkai misalnya hitam, putih, dan warna-warna lainnya, asalkan seragam. Setiap warna akan memberikan kesan yang berbeda. Namun amannya, pilihlah warna monokrom agar foto tidak terkesan terlalu ramai di tembok.

  1. Tidak Beraturan, Siapa Takut!

Untuk membuat seni tembok foto, Anda bisa mencampur bentuk dan ukuran bingkai. Tidak harus seragam, variasi bentuk dan ukuran bingkai foto justru akan menghasilkan dimensi yang indah. Foto-foto bisa disusun secara horizontal, vertikal, mengikuti pola, ataupun acak.

  1. Posisi dan Lokasi

Cara berikutnya adalah menentukan di mana Anda akan meletakkan bingkai-bingkai foto tersebut. Beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan tembok foto antara lain samping tangga, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, atau lorong rumah. Bagaimana posisi dan di mana letak bingkai-bingkai tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi rumah masing-masing.

  1. Mencampur Tipe Foto

Seni tembok foto ini tidak harus menggunakan foto dengan orang sebagai objeknya. Beberapa orang tidak menginginkan foto makhluk hidup menjadi hiasan rumah. Tidak masalah, sebab teknik ini juga bisa menggunakan karya seni lain seperti sketsa, hasil kerajinan tangan seperti kruistik, lukisan kaligrafi, handlattering, dan lain-lain.

  1. Membuat Kreasi Foto Tematik

Agar enak dipandang mata, tidak ada salahnya Anda membuat tema yang akan ditampilkan di dinding rumah Anda. Misalnya untuk tema hitam putih, Anda bisa mengumpulkan foto benda atau sketsa yang berwarna hitam putih. Selain warna, jenis gambar yang ditampilkan juga bisa menjadi tema, misalnya bunga, pemandangan alam, dan sebagainya. Beberapa foto atau sketsa yang berbeda tersebut akan tampak menarik ketika dijadikan satu sebagai hiasan dinding rumah.

  1. Berpikir Out of The Box

Kreativitas tidak terbatas. Untuk seni tembok foto, Anda benar-benar tidak harus menggunakan foto atau gambar. Anda bahkan bisa memasukkan vas bunga, lengkap dengan bunga di dalamnya, ke dalam bingkai. Gunakan juga benda-benda sejenis lainnya yang wajar untuk dipamerkan.

  1. Menciptakan Kesan Tiga Dimensi

Tidak perlu usaha yang rumit untuk membuat kesan tiga dimensi dalam seni tembok foto. Cukup sandarkan bingkai-bingkai berbeda ukuran di sudut tertentu.

  1. Menggunakan Konsep Sederhana

Hal penting yang harus diingat untuk membuat seni tembok foto adalah diperlukan konsep yang matang dan uang yang tidak sedikit untuk membeli bingkai. Untuk itu, Anda sebaiknya menggunakan konsep sederhana dalam setiap kreasi yang ingin ditampilkan. Dengan konsep ini, Anda dapat menggunakan ruang yang ada dengan lebih efisien.

 

Tidak sulit, bukan? Menggunakan gambar dan bingkai sebagai hiasan dinding rumah tetap lebih hemat dibandingkan dekorasi lain seperti wallpaper. Prinsip simple but nice benar-benar berlaku untuk kreasi ini. Selamat mencoba.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *