Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mendekorasi Interior Rumah

dekorasi interior rumah

Mendekorasi rumah ternyata tidak selalu mudah. Kebanyakan orang melakukan kesalahan dekorasi interior rumah, baik hal-hal kecil maupun fatal. Bukan tidak mungkin setelah mendekorasi ruangan, Anda malah mendapatkan kesan yang mengerikan, tidak pas, atau berantakan. Kadang, Anda ingin mengikuti tren interior rumah, tapi dekorasi tersebut ternyata tidak mewakili diri Anda.

Sebelum melakukan dekorasi interior rumah, Anda sebaiknya selektif dalam memilih warna dinding, karpet, atau tata letak furnitur. Tidak ada salahnya Anda mengukur dengan pasti berapa luas ruangan saat ingin menambahkan furnitur. Perhitungan yang detail akan meminimalkan kemungkinan Anda bekerja dua kali untuk memperbaiki kesalahan dekorasi.

Oleh sebab itu, kami akan mengulas 5 kesalahan yang sering dilakukan saat mendekorasi interior rumah dan bagaimana solusinya.

  1. Kesalahan Proporsi

Kesalahan ini yang paling sering dilakukan ketika mendekorasi interior rumah. Proporsi merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan. Proporsi meliputi motif, warna, dan ukuran yang akan digunakan pada furnitur, dinding, ornamen, dan lain-lain.

Kesalahan proporsi bisa merusak suasana,  misalnya jika furnitur terlalu banyak atau terlalu sedikit. Anda boleh-boleh saja memilih sofa motif bunga, bantal sofa dengan corak yang beragam, gorden dengan model dan motif terbaru, atau karpet yang bernilai seni tinggi. Namun, penting bagi Anda untuk memperhatikan jumlahnya.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah memilih furnitur dan ornamen dengan terlalu banyak motif. Hal ini akan memberi kesan penuh dan ramai. Kesalahan lain yakni terlalu banyak menaruh barang dan aksesoris di ruang yang sama. Hal ini membuat ruangan terlalu sesak.

Kombinasi warna merupakan salah satu trik untuk membuat ruangan menjadi lebih segar dan menarik. Namun, menggunakan terlalu banyak warna pada tempat dan ruangan yang sama adalah sebuah kesalahan. Untuk 1 ruangan, Anda bisa menggunakan maksimal 3 warna.

  1. Kesalahan dalam Memadukan Lebih dari Dua Konsep

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat desain-desain interior yang menarik dari majalah atau internet? Anda mungkin akan tertarik pada semua desain tersebut dan ingin mengaplikasikannya di rumah. Ini adalah asal mula kesalahan dekorasi interior rumah. Memadukan terlalu banyak konsep dalam ruangan yang sama akan membuat ruangan tersebut tidak teratur. Misalnya, konsep modern dengan minimalis, minimalis dengan etnik, atau modern dengan oriental. Anda boleh menentukan konsep yang berbeda-beda asalkan diaplikasikan untuk ruangan yang berbeda.

  1. Hanya Terfokus pada Furnitur dan Aksesoris

Keindahan rumah tidak hanya ditentukan oleh furnitur dan aksesoris. Semua barang tersebut akan berpadu dengan indah jika disesuaikan dengan pencahayaan dan cat dinding. Pencahayaan dan cat dinding adalah faktor penting sebelum Anda menentukan furnitur dan aksesori yang akan digunakan.

  1. Tidak Memperhatikan Tata Letak Barang

Kesalahan dekorasi interior rumah yang sering terjadi adalah asal meletakkan barang. Cara Anda meletakkan barang bisa memberikan dampak signifikan pada keindahan ruangan. Contohnya, lukisan atau foto yang digantung harus diletakkan dengan ketinggian yang tepat, tidak terlalu dekat dengan perabot lainnya.

  1. Melupakan Ruang Depan Rumah

Kebanyakan pemilik rumah hanya terpaku pada dekorasi bagian dalam rumah saja. Padahal, ruang depan rumah akan memberikan kesan pertama saat tamu datang ke rumah Anda. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda menata teras dan ruang tamu supaya lebih rapi dan cantik. Merapikan taman, meletakkan pot warna-warni, memilih keset yang chic, atau menempatkan kursi dengan konsep antik atau shabby akan mempermanis teras Anda.

Jangan lupa beri perhatian pada komposisi barang di teras dan ruang tamu Anda. Rapikan sepatu-sepatu dan barang-barang yang biasanya Anda letakkan begitu saja di ruang depan.

 

Apakah dari 5 kesalahan dekorasi interior rumah tersebut, ada yang pernah Anda lakukan? Tidak perlu khawatir, kesalahan bisa menjadi guru terbaik untuk menjadi lebih baik. Tidak perlu terburu-buru saat mendekorasi rumah dan jangan lupa memberi sentuhan yang mencerminkan diri Anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *