Membuat Sendiri Hiasan Dinding dari Kertas

Foto: Peggy_Marco/Pixabay

Dinding yang kosong tanpa hiasan tentu kurang menarik dipandang. Nah, kehadiran hiasan dinding akan mampu menciptakan suasana yang berbeda, tergantung model dan bentuk hiasan tersebut. Hiasan dinding bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu, kertas, aluminium, atau pun plastik. Asalkan kita menggunakan kreativitas, segala bahan bisa dibentuk menjadi sebuah hiasan.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat hiasan dinding adalah kertas. Menggunakan kertas sebagai bahan dasar memiliki keuntungan tersendiri yaitu mudah dibentuk. Kita hanya perlu menggunakan gunting atau pisau untuk membentuk pola. Selain itu, ada banyak warna yang bisa digunakan. Teksturnya pun bermacam-macam, mulai dari yang datar, bergerigi, dan sebagainya.

Untuk membuat hiasan dinding dari kertas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:

  • Bentuk Hiasan

Dinding bisa diibaratkan sebagai sebuah kanvas luas tempat kita bisa berkreasi dengan bebas. Ada bermacam-macam bentuk hiasan yang bisa kita buat sendiri. Hal ini tergantung dari kemampuan maupun keinginan kita. Ada yang sulit dibuat, ada pula yang mudah. Semakin sulit dan rumit pembuatannya, hiasan dinding tersebut pasti akan semakin terlihat menarik.

Contohnya adalah membuat hiasan dinding berbentuk kupu-kupu dari kertas dalam jumlah yang banyak. Kupu-kupu kertas tiga dimensi ini ditempelkan di dinding dengan pola tertentu. Tambahkan pula ilustrasi bunga-bunga yang bermekaran. Dengan hiasan dinding semacam ini, kamar akan terkesan seperti sebuah taman bunga.

  • Bahan Dasar

Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat hiasan dinding. Jika kita memilih kertas, jenis kertas pun beraneka macam. Mulai dari kertas art paper, crepe paper flower, dan sebagainya. Memang tidak semua jenis kertas cocok digunakan sebagai bahan dasar membuat hiasan dinding.

Namun, jika Anda ingin mencoba sebenarnya tidak ada salahnya. Siapa tahu Anda bisa menciptakan jenis hiasan dinding baru dari kertas yang baru pula. Syaratnya adalah imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan hiasan dinding yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

  • Alat yang digunakan

Sebenarnya, membuat hiasan dinding dari kertas tidak membutuhkan terlalu banyak alat. Alat yang paling utama adalah gunting untuk membentuk pola. Kemudian, kita juga membutuhkan perekat agar pola-pola tersebut menyatu membentuk sebuah hiasan yang indah.

Jika Anda ingin lebih serius mengerjakan hiasan dinding ini, alat yang digunakan pun perlu semakin spesifik. Misalnya, gunting yang digunakan untuk memotong kertas sebenarnya ada bermacam-macam. Ada gunting yang menghasilkan potongan lurus, ada pula yang terlihat keriting.

Membuat hiasan dinding dari kertas sebenarnya tidak begitu sulit jika kita memang menyukai aktivitas tersebut. Ide hiasan bisa didapatkan dari mana-mana, misalnya Pinterest, Facebook, dan situs-situs lain.

1 comment

  1. inspiratif sekali kak, mudah lagi cara buatnya. terima kasilh telah berbagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *