Tips Memilih Cat Rumah Minimalis

cat rumah minimalis

Untuk memilih cat rumah minimalis yang tepat tidak diperlukan keahlian tertentu. Kita hanya harus peka terhadap komposisi warna yang sesuai. Jika dikombinasikan, warna-warna yang tidak sesuai justru bisa merusak keindahan. Supaya tembok tetap terlihat menarik, berikut panduan yang bisa digunakan untuk memilih warna cat yang digunakan.

Pahami Makna Setiap Warna

Warna bisa menciptakan sebuah kesan. Misalnya, warna putih menciptakan kesan bersih dan luas. Sementara itu, menggunakan warna hitam akan membuat ruangan terasa lebih sempit, gelap, dan lembap. Ada juga warna-warna yang bisa membuat ruangan terkesan tenang dan adem, seperti biru atau hijau. Warna-warna ini berkebalikan dengan merah atau kuning yang bisa membuat penghuni lebih bersemangat.

Dengan memahami makna dari berbagai warna, kita akan terbantu saat memilih warna cat rumah minimalis yang akan digunakan. Sesuaikan pula pemilihan warna dengan karakter Anda. Jika Anda bersifat ceria dan bersemangat, warna-warna cerita patut menjadi pilihan. Dengan demikian, secara tidak langsung, warna cat rumah atau ruangan bisa menunjukkan sifat kita secara umum.

Baca juga: Deskripsikan Jati Diri Lewat Warna Ruang Kamar

Pilih Kombinasi atau Polos

Supaya terlihat lebih menarik, kita bisa mengecat tembok dengan beberapa kombinasi warna. Misalnya, merah dan coklat atau biru dan ungu. Mengecat tembok dengan menggunakan kombinasi seperti ini tentu akan membuat tampilan tembok lebih bervariasi.

Namun, jika Anda menginginkan tampilan tembok yang terlihat elegan dan tenang, gunakan satu jenis warna cat saja. Untuk membuat kombinasi cat tembok terlihat sesuai, manfaatkan rasa seni yang ada di dalam diri Anda. Jangan memilih warna-warna yang kurang menyatu atau justru bertabrakan.

Baca juga: Hindari Warna-Warna Berikut Ini Untuk Interior Rumah

Utamakan Fungsi

Tembok bagian luar tentu berbeda dengan tembok bagian dalam. Perbedaannya terletak pada kondisi yang terjadi sehari-hari. Tembok bagian luar biasanya terkena paparan cahaya dan debu yang lebih banyak. Hal ini berbeda dengan tembok bagian dalam. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memilih warna cat tembok di bagian luar dengan lebih berhati-hati.

Biasanya, warna-warna gelap bisa mengurangi penampakan noda yang menempel di tembok. Lumpur atau debu yang menempel di tembok tidak akan terlalu mengganggu pemandangan.Hal ini bisa sangat menolong saat kita tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya setiap hari.

Perlu Dicat atau Tidak?

Ada pula rumah-rumah yang temboknya tidak dicat atau polos. Tembok yang tidak dicat akan menampilkan kesan lebih natural. Supaya tidak terlihat membosankan, kita bisa bermain dengan tekstur tembok. Misalnya, menghias tembok dengan batu-batu kecil. Tembok seperti ini justru akan lebih menarik jika dibiarkan tanpa warna.

Warna cat tembok adalah bagian dari dekorasi rumah secara keseluruhan. Dengan memilih warna cat rumah minimalis yang tepat, tampilan eksterior rumah pun akan terlihat lebih bagus. Jangan takut untuk bereksperimen hingga menemukan warna tembok yang sesuai dengan karakter kita sebagai penghuni rumah.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *