10+ Model Rumah Sederhana Untuk Tipe Rumah Sederhana

model rumah sederhana

Model rumah sederhana di Indonesia tetap menjadi primadona saat ini di tengah model-model rumah mewah yang juga semakin menjamur.

Hal ini, lebih banyak disebabkan oleh budaya sederhana yang ada di negeri ini dan sudah mengakar dari jaman dahulu sampai sekarang.

Pengertian rumah sederhana mengacu pada bangunan rumah 1 lantai dengan luas bangunan yang kurang dari 90 m2. Serta tidak adanya unsur-unsur kemewahan pada fasilitas yang ada di rumah tersebut.

Senada dengan pandangan masyarakat Indonesia yang  memandang bahwasanya fungsi rumah sebagai kebutuhan pokok lebih penting untuk dipenuhi terlebih dahulu. Yang penting fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman bersama keluarga sudah terpenuhi. Urusan model itu nomor kesekian setelah kebutuhan-kebutuhan pokok terpenuhi semua.

Oleh karena itu, tingkat permintaan terhadap rumah dengan tipe-tipe sederhana terus meningkat tiap tahunnya. Banyak para pengembang yang menyediakan berbagai macam pilihan tipe sederhana seperti tipe 21, tipe 30, tipe 36, tipe 45, dan tipe 54.

Berikut ini adalah beberapa tipe rumah yang masuk pada kategori rumah tipe sederhana yang perlu kamu ketahui!

Tipe Model Rumah Sederhana

#1 Rumah Tipe 21

rumah tipe 21

Rumah tipe 21 merupakan rumah dengan ukuran paling kecil yang termasuk pada kategori rumah sederhana. Harganyapun sangat relatif terjangkau, dengan fasilitas sangat sederhana yaitu 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan satu ruang untuk ruang tamu.

Rumah tipe 21 memiliki luas bangunan 21 m2, dengan dimensi beragam bisa 3m x 7m, 5,25m x 4m, dan 6m x 3,5m. Biasanya rupah tipe 21 memiliki luas lahan 50m2 sampai dengan 60m2.

Rumah tipe 21 cocok untuk pasangan baru yang baru menikah dan belum memiliki anak yang enggan untuk tinggal bersama orang tua atau enggan untuk mengontrak rumah.

#2 Rumah Tipe 30

model rumah sederhana tipe 30

Rumah model sederhana model 30 saat ini menjadi primadona, dengan harga terjangkau rumah tipe 30 juga termasuk tipe rumah yang masuk daftar subsidi pemerintah. Harganya berkisar antara 130 –¬† 200 juta tergantung luas tanah yang ditawarkan.

Rumah tipe 30 biasanya terdiri dari dua kamar tidur dan 1 kamar mandi. Dengan luas bangunan 30 m2, rumah tipe 30 biasanya ditawarkan dengan luas tanah beragam. Seperti tipe 30/60, tipe 30/72 dan tipe 30/82. Semakin luas ukuran tanah semakin mahal harganya.

Kelebihan lahan di bagian depan rumah bisa dimanfaatkan untuk carport dan taman minimalis agar rumah tipe 30 milik kamu semakin cantik terlihat.

Untuk bagian interior pada rumah tipe 30 kamu harus pandai mempartisi ruangan, dan memanfaatkan sisa lahan di belakang rumah. Dengan mempartisi ruangan dengan tepat maka rumah tipe 30 akan nampak lega dan lebar.

#3 Rumah Tipe 36

model rumah tipe 36

Sebenarnya rumah type 36 hampir sama dengan type 30 yang membedakan adalah luas bangunannya. Jika tipe 30 memiliki luas bangunan 6m x 5m, rumah tipe 36 memiliki luas bangunan 6m x 6m sehingga lebih luas.

Dengan luas yang lebih tersebut memungkinkan untuk membuat kamar mandi serta dapur terpisah dari ruangan utama. Atau bisa dibuat ukuran kamar tidur lebih luas dari pada tipe 30, tergantung selera. Kesederhanaan dari rumah tipe 36 akan tampak semakin bersahaja jika kamu mampu menyulap kelebihan lahan menjadi sesuatu yang indah.

Seperti membuat carport dengan desain kanopi minimalis modern, dan taman lengkap dengan kolam ikannya.

#4 Rumah Tipe 45

rumah tipe 45

Rumah tipe 45 bisa kamu jadikan pilihan jika dirasa rumah dengan tipe 36 kurang luas. Tipe ini merupakan tipe populer dan banyak dicari oleh pembeli baik itu untuk hunian bersama keluarga ataupun untuk investasi properti.

Hunian mungil dan indah ini biasanya memiliki dimensi bangunan 6m x 7,5m atau 8m x 5,6m dengan luas tanah bermacam-macam bisa 72 m2, 92 m2 dan 96 m2

Fasilitas di rumah tipe 45 biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur, ruang tamu, dan ruang keluarga. Selain itu juga terdapat teras dan kelebihan tanah bisa digunakakan sebagai taman minimalis.

#5 Rumah Tipe 54

rumah tipe 54

Lebih luas dari tipe 45 adalah rumah tipe 54, dengan ukuran luas yang memadai rumah tipe ini memberi kamu kebebasan untuk melakukan renovasi. Setiap ruangan yang ada juga cukup lebar, sangat memungkinkan untuk menempatkan berbagai jenis furniture seperti meja, kursi, lemari pojok, bufet dan sebagainya.

Rumah tipe 54 biasanya difasilitasi dengan 2/3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Dibangun diatas lahan seluas 120m2 sampai dengan 150m2 kamu bisa memanfaatkan kelebihan lahan baik di depan dan di belakang untuk berbagai macam kebutuhan.

Model Rumah Sederhana Untuk Tipe Sederhana

Model Rumah Type 21

Rumah tipe 21 cocok untuk pasangan baru menikah, yang sedang menikmati saat-saat indah bulan madu.

Model Rumah Tipe 21 - 1

Meskipun mungil dengan lahan terbatas, dengan sentuhan gaya minimalis modern rumah model 21 sangat cantik dan indah dipandang mata

model rumah tipe 21 3

Si kecil yang imut mampu membuat orang yang memandangnya merasa ingin memilikinya. Itulah rumah tipe 21 yang masih tetap anggun diantara rumah dengan tipe lebih besar.

rumah tipe 21 3

Model Rumah Tipe 30

Rumah dengan tipe 30 berdiri diatas lahan yang terbatas, sehingga desain eksterior perlu dimaksimalkan agar keanggunan dan kesederhanaan rumah tipe 30 tetap terjaga.

Model jendela, pintu utama, dan ornamen untuk angin-angin serta pewarnaan bisa dimaksimalkan untuk dieksplorasi pada rumah mungil tipe 30.

Menempatkan jendela di atas rumah sehingga tampak seperti rumah berlantai 2 dapat dicoba untuk menambah kesan manis pada rumah tipe 30.

Model Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 lebih luas daripada tipe 21, kesederhanaan rumah tipe 36 justru merupakan daya tariknya. Bisa di desain dengan konsep minimalis modern.

Tapi juga bisa dipadukan dengan desain khas rumah indonesia.

Seperti perpaduan modern tapi di lenkapi joglo di bagian depan khas rumah adat jawa.

rumah type 36 1

Jika anda membeli unit rumah di perumahan biasanya tidak diperkenankan untuk mengubah model rumah terutama di bagian eksteriornya.

Memanfaatkan kelebihan lahan dengan baik bisa mempercantik penampakan rumah. Carport dengan taman minimalis modern bisa dijadikan sasaran untuk mempercantik rumah.

Model Rumah Sederhana Tipe 45

Desain rumah tipe 45 berikut ini cocok diterapkan pada perumahan cluster.

Dengan model atap berunggak full beton akan menampakkan kesan kokoh pada rumah. Termasuk pilar dibagian depan yang menopang plafon menuju ke pintu utama.

Kelengkapan berupa pagar minimalis pada rumah tipe 45 akan membuat rumah menjadi lebih cantik. Terlebih lagi jika dibuat taman hijau dengan pohon palm di bagian pojok.

rumah sederhana tipe 45 2

Kesederhanaan dan kesan minimalis modern tetap bisa dipertahankan dengan penataan yang tepat terutama pada kelebihan lahan.

rumah sederhana type 45 3

Model Rumah Tipe 54

Rumah tipe 54 cocok untuk keluarga kecil dengan jumlah kamar sebanyak 3 kamar. Pagar besi minimalis atau stainless minimalis bisa mempercantik penampakan rumah tipe 54.

Joglo khas bangunan jawa untuk teras yang dipadukan dengan ornamen-ornamen minimalis juga bisa menambah kecantikan serta keunikan rumah tipe 54.

 

Tanpa pagar pun rumah tipe 54 tetap menampakkan kebersahajaan di balik kesederhanaannya. Memanfaatkan kelebihan lahan untuk taman minimalis juga bisa menambah keindahan rumah tipe 54.

#Kesimpulan

Fungsi pokok rumah adalah sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan. Rumah juga merupakan tempat paling aman dan nyaman sebagai tempat tinggal bersama keluarga tercinta. Jadi wujudkan rumah sebagai tempat terbaik dan teraman untuk keluarga tercinta kita. Semoga bermanfaat

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *