Rawatlah Atap Rumah Anda Agar Tak Kena 3 Masalah Ini!

atap rumah

Rata-rata penghuni rumah enggan memeriksa atap rumah mereka, padahal atap rumah adalah salah satu bagian rumah yang paling beresiko kalau misalnya jarang sekali diperhatikan dan dirawat oleh yang empunya. Sebagai penghuni rumah, ada baiknya setiap seminggu 2 kali Anda mengecek atau memeriksa bagian atap rumah Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan terjadi.

Bagi Anda yang memang sering mengabaikan atap rumah Anda dan enggan untuk merawatnya, ada baiknya dari sekarang mengecek dan memperhatikan bagian atap rumah Ada tersebut. Mengapa?

 

1.   Atap Rumah Terdapat Sampah Sehingga Menyebabkan Kebocoran

atap rumah

Nampaknya sudah menjadi hal lumrah kalau semisalnya atap rumah Anda tersebut kotor, karena memang atap rumah tersebut berada diluar ruangan. Namun kotoran yang ada di atap rumah Anda tersebut jangan sampai Anda biarkan begitu saja, apalagi tak hanya kotoran seperti debu saja yang menumpuk, tetapi juga ada sampah seperti plastik ataupun daun yang berada di atap rumah Anda tersebut.

Kotoran dan sampah yang menumpuk di atas genteng tersebut bisa menyebabkan kebocoran karena aliran air terhambat sehingga air-air yang menumpuk tersebut menjadi meluber kebagian sela-selap atap Anda. Tak hanya itu, semakin Anda membiarkan kebocoran itu terjadi, maka plafon di rumah Anda juga akan terkena akibatnya, seperti pelapukan bahkan sampai bolong.

 

2.     Atap Retak Bisa Menyebabkan Jebol / Bocornya Atap dan Plafon Rumah

atap rumah

Atap rumah yang retak bisa menjadi salah satu permasalahan yang dapat membuat masalah yang berdampak buruk pada bagian atas rumah Anda. Bagi Anda yang menemukan keretakan yang parah pada bagian genteng rumah Anda, lebih baik Anda segera menggantikannya agar tidak menyebabkan atap rumah Anda jebol ataupun akses masuknya air sehingga terjadinya kebocoran.

Makanya, ada baiknya Anda memperhatikan langkah-langkah Anda ketika sedang naik ke atap rumah, takutnya Anda menginjak genteng yang mulai retak serta rapuh sehingga bisa saja Anda tersandung bahkan jatuh dari atap rumah.

 

3.   Atap Yang Renggang atau Bolong Bisa Menyebabkan Kebocoran Sampai Masuknya Hewan

atap rumah

Anda juga harus jeli dalam memperhatikan atap-atap rumah Anda yang terlihat renggang ataupun bolong, sehingga tak hanya bisa membuat air masuk kedalamnya, namun juga serangga hingga hewan liar bisa masuk ke dalam cela-cela yang ada di atap rumah Anda tersebut.

Bagian atap rumah seperti genteng tersebut biasanya renggang karena pemasangan yang tidak pas, ataupun bolong karena memang sudah lewat masa pemakaiannya atau bisa dibilang sebagai “pelapukan”. Nah, sebaiknya Anda mulai memperbaiki atap rumah Anda bila terlihat sudah bolong ataupun renggang. Anda tak mau hewan seperti ular ataupun kadal masuk diantara cela tersebut sehingga menghinggap dirumah Anda, bukan?

Bagi Anda yang memang jarang merawat bahkan memperhatikan bagian atap rumah Anda, sebaiknya dari sekarang Anda mulai merawat dan juga memperhatikannya dengan baik. Apalagi atap rumah memang menjadi pondasi yang penting untuk menjaga bagian dalam rumah Anda agar tak terkena cuaca panas ataupun hujan dari luar. Gunakanlah atap upvc, yaitu atap anti panas dan anti korosi sebagai kanopi utama rumah anda agar lebih awet dan tahan lama.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *