4 Trik Menata Sudut Ruangan Rumah Minimalis

sudut ruangan rumah minimalis

Jika Anda perhatikan, ada satu bagian rumah yang masih jarang Anda manfaatkan dengan baik, yaitu sudut ruangan. Sudut ruangan biasanya tidak memiliki celah cukup lebar untuk diletakkan perkakas atau lemari. Alasan lainnya, membersihkan debu di sudut ruangan yang penuh barang akan lebih sulit. Padahal, dengan mengatur sudut ruangan, Anda bisa menghemat lebih banyak ruang untuk menata rumah minimalis menjadi lebih menarik.

Meski letaknya di sudut dan terhalang dari pandangan orang, sudut ruangan tetap menjadi bagian rumah secara keseluruhan. Sangat disayangkan apabila sudut ruangan hanya dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang yang tidak perlu. Berikut ini 4 trik mengatur sudut ruangan untuk memperindah rumah minimalis.

  1. Ruang Baca

Untuk Anda yang memiliki hobi membaca atau mengoleksi buku, sudut ruangan adalah tempat yang tepat untuk dimanfaatkan sebagai ruang baca yang nyaman. Caranya dengan menempatkan sebuah kursi santai, misalnya sofa atau kursi goyang. Untuk memberi nilai tambah pada estetika ruangan, Anda bisa menambahkan bantal-bantal berwarna cerah untuk menghiasi sudut tersebut.

Jika ruangnya mencukupi, Anda bisa menambahkan meja dan kursi sebagai tempat belajar. Sebuah kursi dengan aksen vintage atau antik akan membuat ruangan menjadi lebih apik. Namun, bagi yang kurang suka dengan gaya klasik, kursi dengan model minimalis bisa menjadi pilihan. Pilih warna furnitur yang selaras dengan warna cat tembok. Warna-warna terang atau pastel bisa lebih menarik perhatian.

  1. Taman Indoor

Ingin merasakan suasana yang berbeda di dalam rumah minimalis? Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat taman di dalam ruangan. Bagian sudut ruangan bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan taman ini. Caranya tidak sulit, masukkan beberapa tanaman hias di dalam pot yang cantik dan susun dengan rapi. Untuk memperkuat kesan alaminya, Anda bisa menambahkan beberapa ornamen kayu atau batu hias. Anda juga bisa menambahkan tanaman gantung atau rambat yang menjalar keluar untuk membuat suasana terlihat semakin hijau.

Jika Anda khawatir rumah akan kotor karena tanah dan air yang mengalir dari pot, Anda bisa mencoba menanam tanaman dengan teknik hidroponik. Batu apung maupun kerikil bisa menjadi media tanam pengganti tanah.

  1. Area Bermain Anak

Keluarga kecil yang memiliki anak atau balita pasti membutuhkan ruang khusus untuk tempat bermain anak-anak. Dengan membuat ruang-ruang khusus sesuai fungsinya, diharapkan dapat membantu anak belajar disiplin. Tidak jarang, karena kurang luasnya lahan, anak akan bermain di kamar tidurnya atau di ruang tamu, padahal kedua tempat ini Anda harapkan bisa rapi dan bersih.

Anda dapat mengatur sudut ruangan sebagai solusinya. Hiasi sudut ruangan dengan desain interior khas anak-anak, kemudian letakkan beberapa mainan anak di tempat tersebut. Berikan alas berupa karpet warna-warni yang bermotif menarik untuk menstimulasi otak anak. Buatlah semacam pagar pembatas area bermain dan tambahkan rak buku, kotak, atau lemari untuk menyimpan mainan si kecil.

  1. Rak atau Pajangan

Banyak orang memilih menyamarkan sudut ruangan dengan menempatkan barang-barang sebagai pemanis. Mengatur sudut ruangan berarti juga bisa memfungsikan ruangan ini sebagai tempat rak atau pajangan. Anda bisa menempatkan rak kerangka tanpa sisi dan memajang beberapa koleksi Anda seperti buku, piring hias, vas bunga, atau action figure. Selain itu, Anda bisa memasang beberapa rak di sudut ruangan untuk memajang foto, lukisan, atau ornamen shabbychic yang sedang populer saat ini.

Jika Anda memilih untuk memasang rak gantung, risikonya Anda harus mengebor dinding untuk memasang paku atau penyangga. Gunakan mesin bor agar hasilnya lebih rapi.

Tidak sulit kan mengatur sudut ruangan? Dengan penataan yang apik, rumah minimalis pun akan tetap terasa lebih luas dan indah. Selamat mencoba.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *