Teknik Mengatur Cahaya Ruangan agar Rumah Lebih Nyaman

mengatur cahaya ruangan

Setelah lelah beraktivitas di luar rumah seharian, ketika pulang, tentunya Anda menginginkan suasana rumah yang tenang dan nyaman untuk beristirahat. Suasana tersebut bisa diciptakan, salah satunya melalui pencahayaan ruangan yang baik.

Di lain waktu, saat Anda ingin belajar atau menyelesaikan pekerjaan di rumah, pencahayaan yang terang akan membuat Anda merasa lebih dinamis dan energik untuk melakukannya.

Dari kedua situasi ini, bisa dikatakan bahwa teknik mengatur cahaya ruangan menjadi sebuah hal yang penting diperhatikan saat menata interior rumah.

Dimulai dari ruang tamu; Anda perlu menggunakan satu lampu sentral dengan intensitas cahaya yang sedang dan beberapa lampu sudut berintensitas cahaya rendah.

Bila perlu, gunakanlah kaca di beberapa titik untuk merefleksikan cahaya. Jika terdapat lukisan atau benda-benda seni lainnya yang Anda pajang, gunakan lampu khusus yang difokuskan pada benda tersebut.

Pada kamar tidur, aturlah pencahayaan sesuai mood. Gunakan lampu dengan intensitas cahaya lembut, sedang, dan terang—yang bisa Anda atur sendiri menggunakan tiga buah saklar yang berbeda.

Untuk lampu dengan pencahayaan yang lembut, disarankan untuk menggunakan lampu meja bertudung. Pilih tudung berwarna jingga untuk mendapatkan suasana yang lebih tenang dan romantis.

Pada pagi hari, jika menginginkan pencahayaan natural melalui cahaya matahari, direkomendasikan untuk menempatkan kamar menghadap ke arah timur dengan jendela yang bisa dibuka. Dengan begitu Anda bisa menikmati matahari pagi dan sirkulasi udara pun bisa berputar dengan baik.

Beralih ke bagian dapur; intensitas cahaya di ruangan yang satu ini haruslah memadai. Sebab, pencahayaan yang baik mampu mengurangi kelembapan di ruangan tersebut. Selain itu, di dapur juga terdapat berbagai benda dan zat yang cukup sensitif—seperti pisau, gas, minyak, dll—yang mudah menyebabkan kecelakaan jika tidak terlihat dengan baik.

Untuk itu, tempatkan lampu pada setiap bilik kabinet untuk mempermudah Anda mencari peralatan dapur.

Untuk ruang belajar atau ruang kerja, gunakan pencahayaan dengan intensitas tinggi agar aktivitas penglihatan Anda lebih terbantu dan lebih fokus. Cahaya yang terang juga akan membuat Anda merasa lebih dinamis dan energik untuk belajar ataupun bekerja.

Dengan menerapkan teknik mengatur cahaya ruangan ini, setiap ruangan di rumah akan terasa lebih nyaman dan intensitas pencahayaan akan sesuai dengan fungsi masing-masing ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *