Tips Dekorasi Ruangan Kosong

tips dekorasi ruang kosong

Rumah atau ruangan yang baru saja ditempati biasanya masih kosong, belum ada hiasan atau ornamen yang terpasang di dalamnya. Supaya terlihat lebih menarik dan nyaman, kita perlu mendekorasi rumah atau ruangan kosong tersebut. Melakukan dekorasi ruangan kosong sebenarnya tidak terlalu sulit asal kita mampu memahami keinginan kita sendiri. Untuk membuat sebuah ruangan kosong menjadi lebih nyaman, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Tentukan Konsep

Sebelum mengisi sebuah ruangan dengan berbagai jenis barang, ada baiknya jika kita menentukan konsep ruangan yang ingin kita miliki. Jangan lupa mempertimbangkan apakah luas ruangan tersebut mendukung konsep yang kita inginkan. Kalau perlu, buatlah pola kasar terlebih dahulu sehingga kita akan lebih mudah mengatur barang atau ornamen yang akan dimasukkan ke dalam ruangan

  • Jangan Terlalu Banyak Barang

Kebiasaan sebagian orang adalah memasukkan banyak barang ke dalam sebuah ruangan kosong. Karena itu, semakin lama ruangan tersebut akan terasa semakin sempit tanpa disadari. Jadi, usahakan untuk tidak tergoda memasukkan terlalu banyak barang ke dalam sebuah kamar kosong yang hendak didekorasi. Pilihlah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Sedangkan barang-barang yang jarang digunakan bisa dibungkus dengan rapi dan disimpan di gudang.

  • Lakukan Pengecatan Dinding

Akan sangat merepotkan jika dinding belum selesai dicat setelah kita pindah ke sebuah rumah atau ruangan. Selain kurang praktis, mengecat dinding dalam kondisi kamar yang dipenuhi barang pun pasti mengganggu. Jadi, pastikan dinding sudah harus benar-benar jadi. Dalam hal ini, Anda bebas memilih apakah mengecatnya atau menempelkan kertas dinding.

  • Masukkan Barang Paling Besar Terlebih Dahulu

Memasukkan lemari atau barang besar lainnya ke dalam sebuah ruangan sebaiknya dilakukan terlebih dahulu. Dengan demikian, sisa tempat bisa diukur dengan mudah. Selanjutnya, masukkan barang-barang yang lebih kecil. Aturlah dengan rapi dan artistik, bukan asal diletakkan. Pertimbangkan suasana yang ingin ditimbulkan dan tatalah semuanya dalam satu kesatuan.

  • Tambahkan Tanaman Hias

Tanaman akan membuat ruangan terlihat hidup dan asri. Untuk ruangan-ruangan yang akan digunakan sebagai ruang tamu atau ruang keluarga, tanaman hias berwarna hijau sangat cocok ditambahkan di sana. Selain membuat pemandangan terlihat segar, kesan cantik dan elegan juga akan terasa. Namun, Anda harus mempertimbangkan juga jenis tanaman yang cocok untuk setiap ruangan. Misalnya, untuk kamar tidur, Anda bisa memelihara kaktus mini di pot-pot warna-warni yang lucu dan diletakkan di pinggir jendela kaca.

  • Bermain dengan Dinding

Untuk membuat tampilan dinding lebih enak dipandang, kita bisa bermain dengan cahaya. Salah satu caranya adalah menempatkan lampu di sudut yang tepat supaya bisa menerangi dinding dengan cantik. Intinya adalah menjadikan dinding dan ornamen yang menggantung di sana menjadi pusat perhatian. Nah, dengan tips-tips tersebut, tidak terlalu sulit bukan melakukan dekorasi ruangan kosong?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *