Tips Menata Rumah yang Ramah Anak

Tips Menata Rumah yang Ramah Anak

Bagi keluarga baru, rumah rasanya akan terasa semakin hidup dengan hadirnya buah hati tercinta. Namun, untuk menjaga agar anak-anak agar tetap aman ketika bermain di rumah, sudah pasti ada kiat-kiat khususnya. Apa saja? Ini dia tips menata rumah yang ramah anak.

  • Cat Dinding Pelapis

Pada dinding rumah, gunakanlah cat dinding pelapis yang bisa dibersihkan dengan mudah, karena anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, banyak melakukan eksplorasi, termasuk menggambar di dinding.

  • Sarung Sofa Mudah Lepas Pasang

Pada bagian sofa, gunakan sarung yang bisa dilepas dan diganti dengan mudah. Noda makanan menjadi hal yang sering hadir di sofa, karena si kecil kerap sembarang menempelkan tangannya setelah memegang makanan.

  • Tempat Tidur Multifungsi

Agar tidak banyak memakan tempat, gunakanlah tempat tidur anak yang multifungsi, yaitu yang dilengkapi dengan laci-laci di bawahnya. Dengan begitu, mainan dan buku-bukunya bisa tersimpan rapi, dan pakaian anak pun tak memerlukan lemari terpisah.

  • Alas Lantai Lembut

Karena anak balita lebih sering bermain di lantai, gunakanlah alas lantai yang lembut di berbagai ruangan tempatnya sering bermain. Jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala agar alas lantai tempatnya bermain tetap dalam keadaan steril.

  • Penempatan Furnitur

Hindari penempatan furnitur dan barang pecah belah seperti guci hiasan di tengah ruangan. Hal ini cukup sering menjadi kekhawatiran orang tua ketika anak sedang bermain.

Sangat disarankan untuk menempatkan furnitur berat, seperti meja, lemari, dll. ke sisi dinding, agar tidak mudah terdorong atau pun tersandung oleh si buah hati. Hindari pula furnitur berujung lancip. Anda bisa mengakalinya dengan memasang sarung atau karet pelindung di sudut-sudut furnitur tersebut.

  • Hindarkan Benda-benda ini

Untuk menjaganya agar tetap aman saat bermain, Anda harus lebih teliti dengan menyingkirkan benda-benda kecil, tajam, atau cairan berbahaya—seperti pembasmi serangga, deterjen, dan sejenisnya. Hal ini penting diperhatikan agar benda-benda berbahaya tersebut tidak mudah dijangkau dan resiko tertelan oleh anak-anak pun bisa dihindari.

  • Ruang Bermain yang Aman

Jika Anda telah mempersiapkan satu ruang khusus sebagai tempat bermainnya, tempatkanlah matras dengan ukuran yang memenuhi lantai tersebut. Pilih juga mainan yang sesuai dengan umurnya untuk menghindari risiko cedera saat bermain.

Dengan mengikuti tips menata rumah yang ramah anak ini, Anda tidak perlu khawatir lagi saat anak-anak bermain dan bereksplorasi dengan dunianya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *