Tips Mudah Untuk Dekorasi Kamar Kos

dekorasi kamar kos

Ada kenikmatan tersendiri saat menyandang status sebagai anak kos. Salah satu di antaranya adalah kebebasan berpindah-pindah tempat tinggal sesuai selera dan kemampuan finansial. Jika ingin berjarak lebih dekat dengan tempat aktivitas sehari-hari, kita bisa dengan mudah berpindah kos. Demikian juga jika kita ingin menempati kamar yang berukuran lebih luas atau justru lebih kecil, kita hanya perlu mencari kos baru yang sesuai.

Selain ukuran kamar, dekorasi juga cukup berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni, dekorasi kamar kos yang cantik dan menarik akan membuat penghuni betah berlama-lama di dalam kamar tersebut. Berikut tips-tips yang bisa dilakukan untuk mendekorasi sebuah kamar kos.

Pertimbangkan Dana yang Dimiliki

Sebagai anak kos, kita tentu hanya berhak menempati sebuah kamar jika sudah menyelesaikan pembayaran. Setelah membayar, kita bebas mendekorasi kamar tersebut sesuai keinginan. Namun, sebelum memutuskan dekorasi yang cocok, pikirkanlah  terlebih dahulu dana yang dibutuhkan untuk itu. Jangan sampai menghabiskan dana terlalu banyak untuk dekorasi kamar kos karena belum tentu kita akan bertahan lama di sana.

Tentukan Konsep

Setelah dana tersedia, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan konsep dekorasi yang diinginkan. Konsep yang matang akan menghasilkan dekorasi yang ciamik.  Dengan adanya konsep, kita bisa memilih dengan mudah ornamen-ornamen apa saja yang cocok untuk dipajang.

Pergunakan Bahan Bekas

Anak kos identik dengan kesederhanaan. Untuk mendekorasi kamar kos, kita tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Dekorasi sederhana bisa kita buat dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Contoh sederhana, kita bisa membentuk lampu berdesain unik dari botol yang tidak terpakai. Daripada membeli barang baru, ada baiknya kita memanfaatkan benda-benda yang sudah tidak terpakai itu.

Usahakan Multifungsi

Biasanya, kamar kos didesain tidak terlalu besar atau luas. Oleh karena itu, jika terlalu banyak barang di dalamnya, kamar akan terasa sempit dan pengap. Sementara itu, kita juga ingin menyisipkan dekorasi-dekorasi yang enak dipandang di dalam kamar tersebut.

Kita bisa menyiasati hal ini dengan membuat aksesori yang multifungsi. Artinya, benda tersebut bukan hanya untuk mempercantik ruangan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan kita sehari-hari. Misalnya, kotak-kotak kecil berwarna-warni di atas meja kerja. Selain membuat suasana menjadi ceria, kotak ini juga bisa digunakan untuk menyimpan barang.

Pilih Bahan yang Bersifat Sementara

Karena berstatus kamar sewa, dekorasi kamar kos seharusnya tidak permanen. Apalagi jika pemilik kos telah menentukan aturan mengenai perubahan yang tidak boleh dilakukan terkait kamar tersebut. Jadi, pilihlah konsep dekorasi yang sifatnya sementara atau bisa diubah kembali ke bentuk semula.

Kamar yang tidak membosankan tentu akan sangat menyenangkan. Selain itu, dengan kamar yang nyaman, fungsinya sebagai sarana untuk beristirahat pun menjadi maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *